KKN Brantas Tuntas Kelurahan Kedungsoko Gelar Gerakan Bersih Kali (GBK) Ngrowo dan Launching Bank Sampah

LINTASMATRA.COM – TULUNGAGUNG. Gerakan Bersih Kali (GBK) Ngrowo merupakan gerakan yang di programkan oleh KKN Brantas Tuntas Kelurahan Kedungsoko IAIN Tulungagung untuk memotivasi dan memberikan dorongan kepada masyarakat, pemerintah dan swasta agar semakin peduli dalam pengelolaan lingkungan dan aksi membersihkan sampah. Sesuai dengan tema gerakan yang bertajuk Sungai Bersih, Sampah Dikelola, Masyarakat Sejahtera.
Gerakan Bersih Kali (GBK) Ngrowo dilakukan melalui berbagai upaya bersama dan tindakan aksi nyata dengan melibatkan 13 Dinas dan Lembaga terkait, 24 Komunitas se-Tulungagung dan 9 Sekolah Adiwiyata se-Tulungagung.

Gerakan Bersih Kali (GBK) Ngrowo sebagai momen penting untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Kegiatan Aksi Lingkungan melalui kerja bakti sungai dan penanaman pohon hias sebagai komitmen kebersamaan yang ditunjukan melalui sinergitas antara elemen masyarakat peduli lingkungan, pemerintah, swasta, dengan seluruh komponen masyarakat dalam kepentingan bersama.

Pelaksanaan kegiatan Gerakan Bersih Kali (GBK) Ngrowo dilaksanakan pada hari Minggu, Tanggal 9 Februari 2020 di Kelurahan Kedungsoko. Kegiatan ini diawali dengan penanaman tanaman hias di pintu masuk Kelurahan Kedungsoko. Setelah pembukaan, dilanjut kerja bakti di sepanjang Kali Ngrowo wilayah Kelurahan Kedungsoko dan yang terbagi dalam beberapa kelompok. Gerakan ini ditutup dengan launching Bank sampah “Makmur Banksa” sebagai wujud penanggulangan sampah untuk meminimalisir pencemaran sungai akibat sampah.

Gerakan Bersih Kali (GBK) Ngrowo bertujuan membangkitkan kepedulian, kesadaran dan memotivasi seluruh pihak, Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah Tahun 2025 yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.
“Saya harap kegiatan seperti ini terus dilakukan dan kami siap bekerjasama untuk menyukseskan acara demi normalisasi kondisi sungai Kali Ngrowo”, Tutur Basir selaku perwakilan dari Perum Jasa Tirta 1 dalam sambutannya. Gerakan ini, sekaligus sebagai penutupan KKN Brantas Tuntas kolaborasi PTN se-Jatim IAIN Tulungagung.[zara dan laila]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.