Antisipasi peningkatan kasus Covid-19, Masjid Baitul Muttaqin Jangkar akan Jalankan protokol kesehatan.

LINTASMATRA.COM – SITUBONDO.

SITUBONDO – Dengan adanya pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 semakin bertambah di Desa Jangkar Kecamatan Jangkar, maka Muspika, Tokoh agama, Takmir Masjid dan beberapa pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), menggelar musyawarah, bertempat di Pendopo Kecamatan Jangkar, Situbondo, Sabtu, 27/6/2020

Tampak hadir dalam musyawarah tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Situbondo Abdurahman, Kapolsek Jangkar Iptu (Pol) Sadali, S.H dan Komandan Koramil Jangkar, Kapten (Inf) Sunaryo, ketua Takmir masjid Masjid Baitul Muttaqin, Dafir, serta Kepala Desa Jangkar.

Dalam musyawarah tersebut mencari solusi terkait antisipasi terkonfirmasi penyebaran virus Covid 19 dimana salah satu tempat berkumpulnya orang banyak di mesjid terbesar di Jangkar yaitu Masjid Baitul Muttaqin.

Mengingat semakin bertambah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, Camat Jangkar, Sasmito mengusulkan dua opsi yang pertama agar mesjid tersebut sementara ditutup selama 14 hari, guna mencegah adanya klaster baru penularan Covid-19.

Sedangkan opsi kedua agar di dilakukan rapid test terhadap Jamaah masjid yang hendak melaksanakn sholat berjamaah, sesuai protokol kesehatan dengan menggunakan cairan disinfektan, pakai masker, dan jaga jarak.

Juga akan dilakukan penyemprotan terhadap masjid tersebut begitu juga fasilitas umum, sehingga betul-betul desa Jangkar tidak terinfeksi adanya pandemi Virus Covid 19. yang mematikan.

“Dari dua opsi, Ketua Takmir Masjid Baitul Muttaqin, Dafir, memilih opsi kedua, menyarankan agar masjid jangan sampai dilakukan penutupan, agar tidak muncul polemik baru terhadap Jamaah.

Adapun usulan Ketua Takmir disepakati baik dari muspika agar masjid dilakukan secara protokol kesehatan yaitu Jamaah Masjid Baitul Muttaqin akan dilakukan rapid test dengan menggunakan cairan disinfektan, pakai masker, dan jaga jarak.”*(ar)

Pewarta : Mito LM
Editor : Armito Susilo
Publisher : Harianto, SH.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.