Ini Pesan Gubernur AAL Saat Tinjau Taruna Satlat KJK 2021 di Jayapura

LINTASMATRA.COM-PAPUA.

AAL, KJK 2021 (29/8).
Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Hanla)., berpesan kepada para taruna untuk selalu menjaga mental dan fisik yang prima, disiplin protokol kesehatan serta menjaga kekompakan dengan anak buah kapal (ABK) selama dalam pelayaran keliling negeri, teguhkan karakter pengawal NKRl.

Hal tersebut disampaikan Gubernur AAL saat meninjau dan menghadiri Cocktail Party Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) Taruna AAL Tingkat lll Angkatan ke-68 Th 2021 di atas geladak KRI Bima Suci yang sandar di Pelabuhan Umum Jayapura, Jl. Koti, Jayapura, Papua tadi malam.

Di sepertiga pelayaran KJK 2021 keliling nusantara ini lanjut Gubernur AAL, Taruna harus bisa mengambil hikmah dari pelayaran ini, angin, ombak, gelombang dan badai yang biasa datang setiap saat bisa dijadikan pelajaran yang sangat berharga untuk membentuk karakter tangguh pelaut sejati.

“Ingat, pemimpin yang hebat tidak lahir dari gelombang yang tenang, tapi pemimpin yang hebat akan lahir dari ganasnya ombak bahkan badai,” ujarnya.

Alam -sapaan akrab Gubernur AAL ini- mengucapkan terima kasih kepada Dansatgas KJK sekaligus Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.E., M.Tr (Hanla) dan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK, Letkol Laut (P) Khairul Anwar yang telah membawa Satlat KJK Taruna AAL Angk 68 pada etape ke-3 ini dengan aman dan lancar.

“Terima kasih kepada para tamu undangan yang sudah berkenan hadir baik dari instansi militer maupun dari Forkopimda Provinsi Papua dan Kota Jayapura yang telah mendukung dan memfasilitasi Satlat KJK selama sandar di Jayapura,” ucapnya.

Menurutnya, KJK ini di laksanakan oleh Taruna Tingkat III Angkatan 68 dan di ikuti oleh 89 taruna yang akan melaksanakan pelayaran selama 99 hari dan ini adalah etape yang ke 3 dari Tual Maluku Tenggara-Jayapura.

Latihan Praktek pelayaran KJK ini tambahnya, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan sesuai materi ajaran komponen profesi dasar korps serta pembentukan karakter prajurit Matra laut.

Selain itu, Satlat KJK juga sebagai duta bangsa dalam mengemban misi diplomasi melalui pertujukan/pengenalan aneka ragam budaya dan kesenian daerah, sehingga lebih memahami tentang perbedaan suku dan budaya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, dan mempromosikan AAL ke penjuru negeri memperoleh generasi unggul calon pemimpin TNI/TNI AL masa depan.

Acara Cocktail Party kali ini diisi tampilan kesenian oleh para Taruna Tingkat III Angkatan 68 yang memainkan alat musik Angklung, Calung, Rampak Gendang, Duta Samudera Band dan berbagai tari nusantara, termasuk tarian khas Papua.

Tampak hadir Ibu Asuh Taruna AAL, Ny. Ayu Sayuti Nur Alamsyah, Kabinda Papua Mayjen TNI Napoleon, Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto Pardamean Marpaung beserta istri, Kepala Kejaksaan Tinggi Jayapura, Nikolaus Kondomo.

Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir. Apolo Safando, Wakil Komandan Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Nanang Hariono beserta istri serta para Asisten Danlantamal X lainnya.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.