Pelda Moctar Komsos Dengan Petani di Desa Simoketawang LINTAS

0

LINTASMATRA.COM – SIDOARJO. Babinsa Desa Simoketawang Koramil 0816/13 Wonoayu Kodim 0816/Sidoarjo, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Mochtar melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan para petani bertempat di dekat area persawahan milik warga Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu, Kab Sidoarjo Kamis, (04/07/2019).

Kegiatan itu dilaksanakan disela-sela waktu istirahat para petani dalam menggarap sawah sehingga tidak mengganggu aktivitas mereka. Dalam kesempatan tersebut Pelda Mochtar melaksanakan tanya jawab dengan para petani seputar kondisi pertanian diwilayah mereka serta kemungkinan kendala yang ditemui para petani dalam menggarap sawah, antara lain tentang kebutuhan pupuk dan irigasi.

“Untuk masalah pupuk, saat sekarang ini distribusi dan stok pupuk sangat terkendali sehingga para petani tidak merasa kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan pupuk,” ujarnya. Kepada para petani, Pelda Mochtar mengatakan bahwa pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh para petani sehingga mereka tidak akan kesulitan dalam mengolah sawah.

“Disamping itu Babinsa juga akan selalu melakukan pendampingan pertanian bekerja sama dengan PPL untuk memajukan pertanian di wilayah,” katanya. Sementara, Parno (52), salah seorang petani setempat mengungkapkan, bahwasannya kendala yang dihadapi seperti tahun-tahun lalu yakni, dikala memasuki musim kemarau para petani susah dalam mengairi sawah, untuk mengatasinya biasanya para petani mengambil air tanah dengan menggunakan pompa air/diesel dengan bahan bakar solar, sehingga secara otomatis biaya produksi mereka menjadi membengkak.

“Musim kemarau kita kesulitan mengenai irigasi, untuk mengatasinya dengan menyedot air tanah dengan menggunakan pompa air/diesel. Tetapi hal itu menambah pengeluaran kami untuk membeli bahan bakar solar,” ungkapnya. (ES/Arfn)


Leave A Reply

Your email address will not be published.