PENANDATANGAN MOU ANTARA PEMDA SIDOARJO DENGAN BPPT DALAM RANGKA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SUMBER DAYA ALAM

0

LINTASMATRA.COM – SIDOARJO. Dalam upaya memberikan dukungan untuk percepatan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Sidoarjo, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengundang Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH.,M.Hum untuk hadir dalam Rapat Kerja Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA) 2019 sekaligus melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) dalam rangka Pengembangan Teknologi Pengelolaan Sampah Terpadu dan Pengembangan Sumber Daya Alam untuk Mendukung Pembangunan di Kabupaten Sidoarjo” Bertempat di Hotel Santika,Banyuwangi, Kamis Siang (11/7).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Deputi Kepala BPPT Bidang TIEM Prof Dr Eng. Eniya Listiani Dewi, B.Eng, M.Eng, Kepala BPPT Dr Ir Hammam Riza, M.Sc serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Ir. Sigit Setyawan MT dan para Kepala Daerah yang diundang. Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.,M.Hum, Menyambut baik apa yang dilakukan oleh BPPT dalam hal memberikan dukungan secara menyeluruh bagi pemerintah daerah khususnya Kabupaten Sidoarjo dalam Pengembangan Teknologi Pengelola Sampah dan Sumber Daya Alam.

Tuturnya Kesepakatan bersama dalam hal Pengkajian dan Penerapan Teknologi ini diharapkan dapat kita selaraskan dengan kemajuan zaman, apalagi saat ini kita memasuki era revolusi indistri 4.0, sehingga semuanya serba digital. Sedangkan kesepakatan bersama yang ditandatangani antara Pemkab Sidoarjo dengan BPPT meliputi pertama pengkajian dan kebijakan teknologi, kedua pengkajian dan penerapan teknologi dibidang agroidustri dan bioteknologi, ketiga pengkajian dan penerapan teknologi dibidang pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan, keempat pengkajian dan penerapan teknologi industri rancang bangun dan rekayasa, kelima pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi dan material.Ungkapnya. “

Oleh karenanya, saya ajak masyarakat Sidoarjo untuk terus mendukung program kerja pemerintah daerah dalam hal pembangunan teknologi daerah dan semoga acara ini membawa manfaat besar bagi kemajuan masyarakat Sidoarjo,” Tutupnya. Dalam kesempatan ini , Kepala BPPT Dr Ir Hammam Riza, M.Sc menyampaikan bahwa Penandatanganan MoU ini merupakan bentuk komitmen bersama antara BPPT yang akan memberikan dukungan untuk melakukan kajian menyeluruh bagi Pemerintah Daerah untuk mewujudkan peningkatan mutu pembangunan di daerah.

“ Bagi pemerintah daerah yang kini menjadi sasaran program kerja, kami harapkan dapat memberikan dukungan kerjasama sehingga kedepannya proses perencanaan dan realisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat bersinergi, efektif dan efesien dengan dukungan berbagai teknologi terbarukan,” ujarnya.

Disela-sela acara Bupati Sidoarjo memanfaatkan momen untuk berdiskusi intensif dengan Kepala BPPT Hammam Riza tentang masalah sampah di Sidoarjo yang setiap hari volumenya hingga 1000 ton, selain itu juga membahas peluang kerjasama teknologi pengelolaan sampah untuk menghasilkan energi listrik dan langsung disambut baik oleh BPPT bahwa mereka juga memfasilitasi pembangunan instalasi listrik tenaga sampah (PLTSa) di Jabon, Sidoarjo. (ES/Kom)


Leave A Reply

Your email address will not be published.