PEMERINTAH KABUPATEN SUMENEP AKAN LEBIH OBYEKTIF MENINGKATKAN LPPD 2019

0

LINTASMATRA.COM – SUMENEP. Pemerintah Kabupaten Sumenep lebih obyektif untuk meningkatkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun ini, untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas kinerja dan prosonalisme secara keseluruhan. Disampaikan, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, mengatakan, pemerintah daerah agar LPPD-nya lebih baik dari tahun sebelumnya, sejak tahun 2018 telah menerapkan teknik pengumpulan data secara manual dan menggunakan aplikasi e-LPPD.

Dengan adanya aplikasi itu angka pencapaian sudah lengkap dengan data-data pendukungnya, bahkan tidak ada data yang hilang dan tidak tercacat.” terangnya Dengan demikian komitmen untuk meningkatkan LPPD bukan hanya sekedar semangat mendapatkan peringkat yang baik dari tahun-tahun sebelumnya, namun sejatinya guna meningkatkan kualitas kinerja Pemerintahan Kabupaten Sumenep,” katanyanya, Selasa (16/07/2019).

Harapannya, komitmen semua pihak di jajarannya baik pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tim penyusun LPPD serta pihak yang terkait dalam menyusun data LPPD harus tepat waktu. Kesiapannya agar ketika ada permintaan data bisa terpenuhi sesuai dengan target ketentuan waktunya. Sebab, manakala ada surat teguran akibat keterlambatan menyerahkan data mencerminkan kualitas birokrasi.

“Masalah ketepatan waktu permintaan data apapun harus sesuai target waktu yang ditetapkan, supaya tidak berdampak terhadap penyelesaian penyusunan LPPD. Jangan sampai ada surat teguran kepada OPD terkait dengan permintaan data,” tuturnya LPPD berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2007 adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintah daerah selama 1 tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang disampaikan kepala daerah kepada pemerintah, dan LPPD yang dilaporkan harus bisa menggambarkan kondisi nyata kinerja pemerintah daerah.

Kemudian, Wakil Bupati mengungkapkan, LPPD Kabupaten Sumenep pada tahun 2017 peringkat 17 se-Jawa Timur dan peringkat 48 secara nasional, sehingga diharapkan pada tahun 2019 ini lebih baik lagi.” terangnya,”*(narto)

Leave A Reply

Your email address will not be published.