MUSIM KEMARAU DI SITUBONDO, 8 DESA MULAI MENJERIT KEKURANGN AIR BERSIH

0

LINTASMATRA.COM. – SITUBONDO – Musim kemarau 2019 di Situbondo membawa dampak kurangnya air bersih untuk kebutuhan keluarga baik untuk memasak, diminum dan mandi. Tercatat sedikitnya delapan desa pada empat kecamatan mengalami krisis air bersih dalam kebutuhan keluarga yang dirasakan akhir-akhir ini, yang segera pemerintah untuk menangani kebutuhan tersebut.

Untuk mengantisipasi krisis air bersih Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui perusahaan air minum daerah (PDAM) tampaknya cukup peka dengan hal ini. Akhirnya ratusan warga di masing-masing dusun tersebut menerima pasokan air bersih sebanyak 5000 liter dari PDAM yang diangkut dengan armada truk tangki BPBD mulai kemarin hingga hari ini, Rabu, (24/7).

Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Situbondo Gatot Trikorawan mengatakan, dari 8 desa pada empat kecamatan di Kabupaten Situbondo, memang betul-betul mengalami krisis air bersih. Dengan demikian “Sesuai permintaan desa, pada saat ini sudah ada 8 desa permintaan pendistribusikan air bersih, yang di terima pihak BPBD yang tersebar pada 4 kecamatan di Kabupaten Situbondo,” ujar Gatot Trikorawan, Rabu (24/7/2019).

Masih kata Gatot”kami mulai mendistribusikan air bersih ke Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, dengan menggunakan satu unit truk tangki milik BPBD. Selanjutnya, pendistribusian air bersih ke Dusun Jambaran, Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang, Dusun Jambaran Barat dan Timur di Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang; Dusun Jerukan (Desa Silomukti) dan Dusun Trebungan Timur (Desa Trebungan) di Kecamatan Mlandingan. Kemudian, Dusun Krajan dan Dusun Sokaan Timur di Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh, Untuk segera di distribusikan oleh pihak BPBD saat ini,”ucap Gatot Trikurawan.*(mito)

Leave A Reply

Your email address will not be published.