Hikmat dan Sakral, Aspers Kasdivif 2 Kostrad Pimpin Upacara Bendera Peringati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan

0

LINTASMATRA.COM – MALANG. Asisten Personel Kasdivif 2 Kostrad, Letkol Inf Andre Julian, S.I.P. selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya pelaksanaan Upacara Bendera Peringati Hari Proklamasi Republik Indonesia Tahun 2019 di Lapangan Penegak Sapta Marga Madivif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Sabtu (17/8). Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Republik Indonesia, pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang dan para pahlawan sejati yang telah gugur mendahului kita untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Dalam amanat tertulis Pangkostrad, Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H.,M.Tr (Han) yang dibacakan Aspers Kasdivif 2 Kostrad disampaikan, “Kemerdekaan dan kebebasan yang kita rasakan ini adalah warisan dan amanah dari para pahlawan bangsa serta para pendahulu yang telah berjuang dan berkorban jiwa raga.

“Dengan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, mereka telah membuktikan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, yang berdiri tegar melawan penindasan dan penjajahan, hingga mampu meraih kemerdekaannya sendiri. Karena itu, sudah sepatutnya kita merenung, mengheningkan cipta demi mendoakan para pahlawan bangsa, serta mengucap syukur atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini,” tuturnya.

“Bagi Kostrad, kemerdekaan adalah refleksi dari kedaulatan bangsa yang dijamin dan dijaga oleh para pengawalnya, yaitu para prajurit bersama komponen bangsa lainnya. Para prajurit yang ada di perbatasan, di daerah konflik, di wilayah terpencil, di pedesaan, di kota-kota, dan di luar negeri, dengan segenap kemampuan dan pengorbanannya adalah alasan sehingga bangsa kita masih tegak berdiri, berdaulat, dan dihormati di dunia,” terangnya.

Oleh karena itu, saya selaku Pangkostrad dan pribadi menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Saudara-saudara semua, para prajurit, dan PNS Kostrad beserta keluarganya, lebih khusus lagi, kepada mereka yang telah berkorban jiwa raga, terluka, dan gugur demi tugas negara,” tambahnya.

“Pada peringatan hari proklamasi tahun ini kita mengusung tema “SDM Unggul Indonesia Maju” Ini menunjukkan bahwa keunggulan Sumber Daya Manusia adalah modal utama kita untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang untuk maju. Untuk itu, mari kita wujudkan tekad tersebut dengan meningkatkan profesionalisme, kinerja, dan dedikasi di bidang tugas kita masing-masing, sebagai sumbangsih kita untuk kemajuan bangsa¬,” pungkas Letkol Inf Andre Julian, S.I.P.

Saat membacakan amanat Pangkostrad, Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H.,M.Tr (Han). Bertindak selaku Komandan Upacara pada upacara tersebut yaitu Dandenpom Divif 2 Kostrad, Mayor Cpm Hanri Wira Kusuma, S.H. M.Han. Upacara ini diikuti seluruh satuan dalam Divif 2 Kostrad dan beberapa pasukan dari seluruh satuan jajaran Divif 2 Kostrad yang berada di wilayah Malang Raya. Kegiatan upacara juga dihadiri oleh para Wakil Asisten Kasdivif 2 Kostrad serta seluruh Perwira Staf Divif 2 Kostrad. (Ton/Riki)

Leave A Reply

Your email address will not be published.