PANITIA PILKADES DESA SUMBERKOLAK DAN TIM PEMENANGAN CALON NO.1 H.SUKARTO TERANCAM DILAPORKAN KE PIHAK KEPOLISIAN

0

LINTASMATRA.COM. SITUBONDO – Diawal acara pembukaan Pemilihan Pilkades Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo, terjadi insiden adu mulut antar pendukung Calon No.1. H.Sukarto dengan Calon No.5. Tukiman.

Diterangkan lantaran pendukung H.Sukarto mengeluarkan yel-yel Hidup No.1. kemudian mendapat teguran keras dari pendukung No.5 sehingga terjadi percekcokan adu mulut sehingga ada upaya untuk baku hantam.

Untung saja insiden tersebut cepat ditangani oleh petugas, baik dari TNI, Polri, Linmas dan masyarakat di area sekitar TPS. Tapi tidak ada tindakan dari pihak panitia.

Hal demikian ada dugaan Kurangnya netralitas panitia Pilkades ada keperpihakan terhadap salah satu Calon, dibuktikan tidak adanya tindakan dari panitia sudah jelas yel-yel dilakukan oleh saksi dari Calon No1.

Pembiaran dari panitia berbias dimasing – masing TPS, sehingga pemilih di pintu masuk dijaga oleh tim No.1.

Untuk mempengaruhi pilihannya diarahkan ke Calon No.1. H.Sukarto Dibuktikan dari 22 TPS memang di dominasi oleh panitia notabene perangkat desa Sumberkolak, sehingga berkesan kurang netral dalam menjalankan tupoksinya sebagai petugas TPS.

Adapun kejadian terjadi pula di TPS 2 Pendukung atau tim Calon No.1, Sugiono, sempat mempengaruhi pemilih untuk mencoblos No.1. H. Sukarto, itupun di dalamnya ada panitia dari perangkat desa,” terangnya.

Atas insiden tersebut kepergok pemilih lain, H. Hosnan, yang sedang menunggu antrian untuk memilih, lalu ditegur olehnya sehingga terjadi kegaduhan antar pendukung sehingga sempat terjadi baku hantam di lokasi TPS.

Adapun insiden tersebut terdengar oleh Calon No.3 dan 4, Olehnya di laporkan terhadap Ketua Pilkades, Aryo Atmojo, dengan jawaban, itu bukan kesalahan Panitia.

” Ujarnya Atas Jawaban Ketua Pilkades, disanggah oleh Calon No.2. Armito, bahwa Panitia harus bertanggung jawab atas kejadian tersebut, bukannya di TPS 2 ada petugas dari perangkat desa, jangan- jangan ini kesemuanya modus kecurangan.” Papar Calon No.2. Armito, yang tergolong Aktivis di Situbondo.

Atas kelalaian panitia, H. Hosnan, akan melaporkan ke pihak Kepolisian dan BPMD agar mengambil tindakan sesuai prosedur baik Perda & Perbup Pilkades.

Begitu juga dari empat calon akan menayangkan surat laporan juga terhadap Kepolisian dan DPBD atas ketidak netralan panitia dan berkesan pembiaran dan tidak ada sangsi apapun dari panitia.” terangnya” ( zak/mt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.