Pertumbuhan Ekonomi Sidoarjo Melampaui Provinsi Jatim dan Nasional Tahun 2018

0

LINTASMATRA.COM – SIDOARJO. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sidoarjo, hari ini, Selasa (26/11) melaksanakan seminar “Economic Outlook 2020”, yang di buka oleh Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, S.H, M.HUM di Hotel Luminor Sidoarjo.

Seminar ini mendatangkan narasumber dari INDEF Jakarta, Head of Centre for Industry, Trade and Investment, Ahmad Heri Fidaus, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Dwi Suslamanto, Kepala BPS Sidoarjo, Ir. Indriya Purwaningsih, MT.

Kepala Bappeda Kabupaten Sidoarjo Dr. Heri Sosanto, S.H, MH, melaporkan bahwa ditinjau dari PDRB ADHB, kekuatan ekonomi terbesar Kabupaten Sidoarjo ada di sektor industri pengolahan dengan share sebesar 46,8% dan sector perdagangan dengan share sebesar 16,15%.

Untuk komposisi pelaku ekonomi di Sidoarjo banyak didukung oleh Usaha Mikro Kecil sebanyak 219.200 pelaku, menengah sebanyak 2.202 pelaku dan besar sebanyak 368 Pelaku, dengan sektor usaha padat karya.

“Dan pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 sebesar 6,05 % meningkat dari tahun sebelumnya 5,80%.

Capaian ini telah melampaui capaian kinerja provinsi sebesar 5,50 % dan nasional sebesar 5,17% di tahun 2018,” jelasnya Masih menurut Heri, bahwa seminar ini diikuti oleh 120 peserta dari unsure KADIN, APINDO, FKAMIS, PHRI, Organda, Jasa Konstruksi, RSU, INKINDO, GAPENSI, Perbankan, Akademisi Forkopimda, Pelaku ekonomi Kreatif, dan OPD terkait.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, memberikan apresiasi yang bagus, karena kegiatan ini dijadian sebagai bahan perumusan kebijakan pembangunan perekonomian.

“Seminar “Economic Outlook Kabupaten Sidoarjo 2020” sebagai forum evaluasi terhadap hambatan pertumbuhan ekonomi di tahun sebelumnya dan yang sedang kita jalankan, guna menyusun strategi kebijakan pembangunan ekonomi kedepan,”jelasnya.(Est/kom)

Leave A Reply

Your email address will not be published.