Rumbia di Aceh Barat Sudah 15 Tahun Tidak Berbuah

Pewarta : Muhibbul Jamil LM.

LINTASMATRA.COM – ACEH BARAT. Dulunya diKabupaten Aceh Barat dikenal penghasilan buah rumbia yang melimpah hingga beredar sampai kekota Provinsi Banda Aceh,yang ditampung oleh beberapa pedagang buah,bahkan sampai ke jakarta, sebagai oleh oleh dengan sebetan salak Aceh.

Sejak 15 Tahun buah rumbia di Aceh Barat, hanya tinggal nama. tak kelihatan berbuah , dikebun yang terbentang cukup luas.

Gadeng salah seorang pedagang buah rumbia asin, diGampong Cot Pluh Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat,menurut sudah beralih roda perekonomian tidak lagi berdagang buah rumbia, hal tersebut kata Gadeng , rumbia tak lagi berbuah hanya batang sagu sudah tinggi tinggi ucapnya.

Sementara para pedagang pengolahan sagu batang rumbia akan dibeli per meter Rp.8000 per satu batang sagu yang yang panjang mencapai 6 sampai 8 meter bagi pemilik kebun rumbia akan ada juga kemasukan dari hasil jual sagu.

Di Gampong Ujongnga dan Cot Amun masyarakat memafaatkan daun Rumbia, dijahit untuk daun atap, sebagai ekonomi per gagang daun atap rumbia Rp.5000/ harapan masyarakat rumbia di Aceh Barat,dapat dimafaatkan sagu dan daunnya.****

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.