Desa Buduran RW 02 Dirikan Dapur Umum Warga

LINTASMATRA.COM-SIDOARJO.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak Covid 19, selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid dua tim relawan percepatan penanganan Covid 19 di lingkungan RW 02 Desa Buduran mendirikan dapur umum mandiri. Dapur umum mandiri terletak di RT 05 RW 02 Desa Buduran Kecamatan Buduran-Sidoarjo. Sabtu (23/05/2020).

Koordinator dapur umum mandiri, Ningsih (47) menjelaskan,” dapur umum ini didirikan sudah 5 hari ini, setiap harinya dapur umum menyediakan makanan sebanyak 300 bks. Tujuan dapur umum ini adalah untuk menyediakan makanan bagi warga terdampak Covid 19 baik itu warga kos yang di rumahkan maupun yang tidak mudik dan juga untuk para lansia penduduk setempat. Dana dapur umum bersumber dari pemerintah desa, swadaya masyarakat dan perusahaan migas menjumbang bahan bakar. Tenaga relawan dari ibu-ibu PKK dan bapak-bapak di RW 02 Desa Buduran. Kami sangat berharap kepada para donatur baik dari pemerintah maupun pihak swasta semoga tergugah hatinya terhadap dapur umum ini, bisa langsung menghubungi dapur umum ini. Kami juga menghimbau kepada warga RW 02 agar bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

“Kami berterimakasih kepada seluruh warga yang berpartisipasi terhadap terselenggaranya dapur umum ini, guna kebersamaan warga dan jaga warga. Semoga dapur umum ini bisa menjadi contoh untuk daerah lain di Sidoarjo selama masa PSBB,” pungkas Ningsih.

Ketua koordinator relawan RW 02 Tri Agustiono (43) menjelaskan,” kegiatan ini dilakukan secara swadaya dengan harapan dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak Covid 19. Dapur umum ini juga menerima bantuan logistik berupa bahan sembako dari masyarakat yang hendak berpartisipasi membantu, dapat langsung menghubungi ketua tim relawan RW 02 Desa Buduran.

“Selain adanya dapur umum, di RW 02 juga ada posko Covid 19 yang melayani konsultasi terkait pandemi Covid 19. Selain itu juga ada kegiatan penyemprotan disinfektan. Kami juga sangat berharap peran aktif dan kesadaran masyarakat untuk mematuhi segala himbauan dari pemerintah Kabupaten Sidoarjo selama dalam masa PSBB, guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19,” pungkasnya.

Penulis : Yanti LM.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.