DPPKB Bondowoso terapkan Program PUG terhadap Disabilitas dan Masyarakat Marjinal.

LINTASMATRA.COM – BONDOWOSO.

BONDOWOSO – Percepatan penerapan Program Pengarusutamaan Gender (PUG) Pemkab Bondowoso melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bondowoso menandatangani kesepahaman dengan stake holder terkait.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bondowoso, Awan Boedhyono, menjelaskan, Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Bondowoso, merancang dan melaksanakan pembangunan yang menyasar pada sektor kemiskinan, disabilitas dan masyarakat marjinal.

“Selanjutnya, kita perlu lebih intensif lagi, meskipun sudah dilaksanakan tapi secara substansinya bagaimana, itu yang perlu kita sampaikan,” tuturnya, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya, prioritas tersebut akan direalisasikan melalui data terpilah. Artinya, pemerintah dalam merencanakan suatu kegiatan berdasarkan data terpilah.

“Misalkan di lingkup pendidikan. Disitu juga ada disabilitas. Bagaimana kita memperlakukan mereka. Juga harus kita hargai sama dengan yang normal,” urainya.

“Ditambahkan, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bondowoso, Farida, menjelaskan bahwa tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak harus segera dicarikan solusi tepat untuk jangka pendek terkait program-program yang akan dilakukan.”jelas Farida

”Kemudian program Jangka panjang, agar bisa meminimalisir dan tidak ada lagi kekerasan yang dilakukan terhadap anak dan perempuan,” katanya.

Jelasnya, dalam pelaksanaan PUG sendiri terdapat 7 tahapan. Salah satunya harus ada Perda dan keterlibatan masyarakat. Sehingga ada komitmen bersama organisasi masyarakat untuk ikut dalam pembangunan.

”Terkait dengan kejadian-kejadian perempuan dan anak ini dalam proses tahap demi tahap kita menghadapi dan mencari solusi bersama,” katanya.

Dari tujuh tahapan sudah dilalui semua. pihaknya akan mendaftarkan Kabupaten Bondowoso ke pemerintah provinsi bahwa PUG sudah berjalan dengan baik sesuai dengan aturan di Perda.”

Pewarta : Ar/Nafi LM.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.