Kampung Blekok Situbondo masuk 50 besar dari 75 ribu desa wisata di Indonesia.

LINTASMATRA.COM-SITUBONDO.

SITUBONDO – Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Kampung Blekok Klatakan Kendit Situbondo untuk mengembalikan aura pariwisata,” Jum’at, 17/9/2021

Akibat Pandemi covid 19 hampir dua jutaan kehilangan lapangan kerja yang dirasakan masyarakat, termasuk yang dialami desa wisata seperti di Kampung Blekok ini, akan tetapi Kampung Blekok termasuk wisata baru yang berkualitas, kata Menparekraf.

Memang hantaman pandemi selama dua tahunan secara global wisata menurun 80 pesen, namun Menparekraf optimistis mampu mengembalikan devisa pada tahun berikutnya.

Disela kunjungan di Kampung Blekok, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menemui para pengusaha kerajinan kerang, dampak pandemi usahanya hampir bangrut, ia mensupport agar tetap semangat.

Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan untuk pemulihan permodalan agar didata bisa disampaikan terhadap pemerintah, sebab usaha kreatif yang akan mendongkrak pemulihan ekonomi masyarakat, ujarnya

sementara Menparekraf yang ditemui Ibu Nini warga Desa Klatakan selaku pangrajin kerang menyampaikan para pangrajin kerang disini hampir gulung tikar, kemudian Sandiaga Ono dengan ciri khasnya sambil tersenyum mengeluarkan uang yang ada di saku celananya 5 juta untuk dibagi sama teman yang lain.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno tetap ada secercah harapan kebangkitan desa wisata berbasis komunitas dan pemberdayaan masyarakat seiring dengan menurunnya kasus COVID-19.

Bukannya Kabupaten Situbondo mempunyai warisan Wisata zaman Belanda yakni dentinasi Pasir Putih yang sudah meroket di Internasional itu harus lebih di tingkatkan kembali, kata mantan orang nomor dua di DKI Jakarta.

Selain itu, lanjut Menparekraf, apa yang telah menjadi usulan Bupati Situbondo, Bung Karna, adanya destinasi wisata baru, yakni Kampung Merak-Baluran yang merupakan kawasan Taman Nasional itu memiliki daya tarik luar biasa, serta pantai ditambah keindahan alam bawah laut yang sangat eksotis.” katanya

“Nantinya dengan dibukanya infrastruktur menuju Merak-Baluran, kami yakin devisa ini akan kembali, karena ditopang oleh destinasi-destinasi baru, yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Mentri yang murah senyum juga mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Harapannya, semoga Wisata kampung Blekok yang sudah masuk nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 nanti akan masuk 10 besar dari 75 ribu desa wisata di Indonesia. Imbuhnya,”(ar)

Pewarta : MY to
Publisher : Hariyanto, SH.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.