Lima OPD Pemkab Situbondo Direncanakan Akan Dirampingkan

LINTASMATRA.COM-SITUBONDO.

SITUBONDO – Rapat Paripurna DPRD digelar bahas tentang perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di masing-masing SKPD bertempat di ruang sidang, lantai 2 Kantor DPRD Situbondo, Senin (11/10/2021).

Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M, saat sidang Paripurna memberikan pandangan dan persetujuan Raperda tentang pembentukan dan susunan Organisasi Perangkat Daerah yang akan Dirampingkan.

Adapun perampingan rencana ada lima OPD
yakni pertama Dinas Peternakan di merger dengan Dinas Perikanan, kedua DTPHP di merger dengan Dinas Ketahanan Pangan, Ketiga DPPPA di merger dengan DPKKB, keempat Dinas Koperasi di merger dengan Disperdagin, lalu kelima DPKP dilebur masuk kedua OPD, yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan DPUPR, nanti terkait kepala OPD yang di merger ada tim asesor yang menentukan,”jelasnya.

Alasan perampingan OPD adalah suatu upaya agar biaya operasional semakin menurun serta mewujudkan prinsip hemat struktur dan kaya fungsi, serta restrukturisasi program kedepannya memiliki daya ungkit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Acara yang berlangsung di lantai 2 kantor DPRD Situbondo dihadiri langsung Bupati Situbondo, Wakil Bupati, Jajaran Forkopimda, Ketua DPRD beserta anggota, Jajaran OPD Kabupaten Situbondo.

Pandangan Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi menjelaskan adanya pembahasan Raperda SOTK yang disampaikan Bupati dan pandangan umum fraksi-fraksi, maka setelah ini dilanjutkan dengan pandangan Komisi 1

Sedangkan pembahasan di tingkat komisi karena sesuai kesepakatan bersama anggota DPRD, mengenai Raperda SOTK untuk menindak-lanjuti pembahasan dengan tim OPD yang sudah ditunjuk oleh bupati. Nanti akan ada beberapa OPD yang dirampingkan menjadi satu seperti yang disampaikan Bupati Situbondo.”terangnya

Kemudian dari pandangan umum tersebut semua fraksi rata-rata menyampaikan dukungannya terhadap perampingan karena efektif dan efisien dalam keuangan dan peningkatan  kinerja,” katanya. (ar)

Pewarta : MY to
Publisher : Hariyanto, SH.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.