Antisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku PMK Koramil 0818/27 Lawang Lakukan Penyekatan

LINTASMATRA.COM-MALANG.

Malang – Guna mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku di wilayah binaan Koramil 0818/27 Lawang bersama Polsek dan Dinas terkait gelar Operasi Penyekatan Gabungan ini dilaksanakan di Jl Tamrin (Depan polsek), Kel. Lawang Kec. Lawang Kab.Malang, Sabtu ( 11/06/2022 ).

Kegiatan ini di lakukan untuk menghalau mobilitas hewan ternak yang akan memasuki wilayah kecamatan Lawang. Pasalnya saat ini tengah marak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, penularannya bisa terjadi melalui kontak dengan hewan yang terkena penyakit tersebut. Maka dari itu petugas menutup pasar hewan serta alur distribusi penjualan hewan antar Kota dan Kabupaten untuk sementara waktu sampai batas waktu yang belum di tentukan.

Sasaran penyekatan adalah mobil yang mengangkut hewan ternak. Pada penyekatan kali ini tidak ditemukan kendaraan yang mengangkut hewan, namun tetap diberikan sosialisasi kepada sopir mengenai PMK dan menghimbau agar tidak berjualan ternak di pasar hewan untuk sementara waktu sampai wabah dinyatan hilang.

Kapten Kav Sugianto Danramil Lawang menyampaikan bahwa kegiatan penyekatan gabungan ini akan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku ini di wilayah kecamatan Lawang. Pihaknya juga menghimbau pemilik ternak untuk tidak melakukan transksi jual beli di pasar hewan karna beresiko mempercepat penularan penyakit.
“Kegiatan Penyekatan ini akan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah khususnya di wilayah Kecamatan Lawang. “ pungkas Danramil.

(Ratri)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.