Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 di Banyuwangi Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat yang Semakin Kuat

LINTASMATRA.COM – BANYUWANGI

Banyuwangi – Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” berlangsung meriah di Lapangan Kalibendo Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi pada hari ini. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat dan peserta dari berbagai sektor, menandai penutupan kegiatan TMMD yang berlangsung selama satu bulan, Kamis 19/10/2023.

Pejabat Upacara diwakili oleh Brigjen TNI Abdul Rahman, S.Sos Irdam V/Brawijaya, yang didampingi oleh beberapa perwira dan pembaca hasil TMMD. Adapun susunan peserta Upacara melibatkan berbagai instansi, termasuk Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, TNI, Polri, Pramuka, dan berbagai elemen masyarakat.

Dalam sambutannya, Brigjen TNI Abdul Rahman menjelaskan bahwa TMMD adalah bagian dari kegiatan Binter yang bertujuan untuk pemberdayaan pertahanan wilayah di darat. Kegiatan ini dilakukan secara periodik sebanyak tiga kali setiap tahun, dengan fokus utama pada daerah pedesaan, termasuk yang tergolong tertinggal, terisolasi, dan daerah perbatasan.

“Keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah selama satu bulan telah memperlihatkan semangat gotong royong dan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat. Semoga hasil dari TMMD ke-118 ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pembangunan pedesaan,” ujar Brigjen TNI Abdul Rahman.

Dalam penutupan TMMD ke-118 ini, Brigjen TNI Abdul Rahman juga memberikan beberapa atensi, yaitu untuk menjaga semangat kebersamaan, gotong royong, serta merawat hasil program TMMD. Ia juga meminta para Dansatgas TMMD ke-118 untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD. Acara penutupan ini diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada semua yang telah berdedikasi dalam membantu masyarakat.

TMMD ke-118 di Banyuwangi telah berjalan dengan sukses dan diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Acara penutupan ini menjadi momen penting untuk merayakan kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam upaya memajukan pedesaan.

Penulis : Ratri

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.