Dorong Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Kembali Resmikan SPKLU di Kalbar

LINTASMATRA.COM – Singkawang Kalbar

Pemilik kendaraan listrik di Kabupaten Sambas dan sekitarnya kini dapat dengan mudah melakukan pengisian baterai kendaraan listriknya,4 Desember 2023.

Pasalnya PLN telah resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di halaman Kantor PLN ULP Pemangkat, Kabupaten Sambas, pada Hari Senin tanggal 27 November 2023 lalu.

Prosesi peresmian dilakukan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas, Jalil Muhammad, didampingi oleh Manager PLN UP3 Singkawang, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Sambas,pada tanggal 3 Desember

Menurut Jalil, SPKLU ini merupakan fasilitas yang sangat ditunggu-tunggu oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas. Diakuinya, SPKLU sangat diperlukan agar para pemilik kendaraan listrik tidak kesulitan dalam mengisi baterai kendaraan listriknya.

“Terima kasih saya ucapakan kepada PLN atas diresmikannya SPKLU pertama di Kabupaten Sambas ini. Sebenarnya banyak warga yang tertarik untuk memiliki kendaraan listrik, cuma masih terkendala dengan fasilitas pendukungnya, semoga keberadaan SPKLU ini dapat mendorong minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik, ” ungkap Jalil.

Sementara itu, General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, mengatakan bahwa ekosistem kendaraan listrik merupakan program yang didorong pemerintah guna mempercepat penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan, sehingga dapat terwujud Zero Emission di tahun 2060.

“SPKLU yang kami hadirkan di Kabupaten Sambas ini merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai khususnya di Kalimantan Barat,” tutur Beny.

Dikatakannya, dengan diresmikannya SPKLU di Pemangkat ini maka sudah ada 6 SPKLU di Kalbar, sisanya ada di halaman parkiran Mall Gaia Kubu Raya, Hotel Mercure Pontianak, halaman kantor PLN UP3 Singkawang, halaman kantor PLN UP3 Ketapang, dan di Jalan Sudirman Sanggau.

“SPKLU ini merupakan salah satu upaya kami dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat yang memiliki kendaraan listrik. Masyarakat Kabupaten Sambas sekarang tidak perlu ragu lagi untuk membeli kendaraan listrik karena sudah ada fasilitas SPKLU ini,” tambah Beny.

Fasilitas SPKLU yang ada di Kabupaten Sambas ini disambut baik oleh Manager Wuling Arista Singkawang, Putra, yang ikut berpartisipasi dalam memamerkan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) dalam peresmian SPKLU ini

“Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan Wuling terhadap program percepatan elektrifikasi kendaraan dan ekosistemnya termasuk layanan pengisian kendaraan listrik umum dan rumah.,” tutur Putra.

Ia mengatakan bahwa selain terbukti lebih efisien, kendaraan listrik pastinya lebih praktis dan trendy. Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Sambas untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik.

Sumber. : Biro Humas PLN
Editor. : Jono

Publisher : Ratri

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.