Polres Kubu Raya Lakukan Fogging Upaya Pencegahan DBD Bersama Dinas Kesehatan*

LINTASMATRA.COM – Kubu Raya Kalbar,

Tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mengakibatkan genangan air di setiap pemukiman warga, sehingga menjadi tempat kembang biak nyamuk Aedes aegypti, untuk itu Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas Polres Kubu Raya melakukan fogging sebagai upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah, Senin (4/12/23).

Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat saat dikonfirmasi melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya AIPTU Ade mengatakan kegiatan fogging oleh Bhabinkamtibmas Polres Kubu Raya dilakukan di Kecamatan Sungai Raya, dimana sebagian besar pemukiman warga tergenang air akibat hujan deras dalam beberapa pekan ini.

” Fogging ini kerja sama Dinas Kesehatan dengan Polres Kubu Raya melalui Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Raya, dimana dengan fogging ini pemerintah daerah bersama kami berupaya dalam pencegahan Demam Berdarah di Kabupaten Kubu Raya,”kata Ade.

” Beberapa pekan ini Kabupaten Kubu Raya dilanda Hujan sehingga menimbulkan banjir di pemukiman warga yang berada di dataran rendah, dimana menimbulkan genangan air tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini dapat ditemukan di tumpukan sampah ataupun genangan air. Telurnya juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang Panjang,”ungkapnya.

Salah satu cara yang dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti adalah fogging atau pengasapan. Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun.

“Fogging dilakukan di Desa Arang Limbung, Desa Limbung dan Desa Kapur, dengan dilakukannya fogging tersebut tidak lain guna mencegah merebaknya penyakit DBD di daerah binaan. Nantinya tidak menutup kemungkinan di Kecamatan lain juga perlu dilaksanakan fogging, sehingga warga masyarakat di Kabupaten Kubu Raya tidak terserang Demam Berdarah,”terangnya.

“Kami dari Polres Kubu Raya mengingatkan kepada warga masyarakat untuk lebih peduli peduli terhadap lingkungan serta menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya dengan langkah 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur barang barang yang tidak diperlukan sehingga tidak terdapat genangan air sehingga aman dari kembang biaknya nyamuk Aedes aegypti,”tutup Ade.

Sumber : Polres Kubu Raya Polda Kalbar Aiptu Ade
Editor. : Jono

Publisher : Ratri

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.