Warga Grati Blokir Jalan Tuntut Pengelola Proyek Tol Paspro

0

LINTASMATRA.COM – Pasuruan. Puluhan Grati, Kabupaten Pasuruan, melakukan aksi blokir jalan menuju proyek tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro). Warga mengeluh karena debu dan serpihan pasir yang jatuh dari bak truk pengangkut pasir tol Paspro, mengganggu dan membahayakan warga/pengguna jalan.

Menurut Sucipto salah satu warga, dump truk pengangkut pasir pengerjaan tol Paspro dikeluhkan, pasalnya bak truk tidak pernah ditutup, saat mengangkut pasir sehingga mengakibatkan pasir dan debu truk banyak bertebaran di jalan dan ke rumah – rumah warga. Hal ini menyebabkan sebagian warga mengaku terganggu kesehatannya. Selain mata kerap terkena serpihan pasir, debu juga membuat sesak napas.

Warga menuntut, pelaksana proyek Tol Paspro bertanggungjawab, setidaknya menyiram jalan atau bentuk pencegahan lain supaya tidak membahayakan warga.

Usai memblokir jalan warga membubarkan diri dan melanjutkan aksinya dengan melakukan mediasi di kantor Kelurahan Grati. Pihak tol Paspro didamping kepolisian, TNI, camat dan perangkat desa bersama warga sedang berkumpul di kantor Kelurahan Grati, untuk bermusyawarah.

Dalam mediasi tersebut warga meminta pengelola proyek tol Paspro untuk itensif menambah penyiraman jalan yang dilintasi armada truknya karena debu mengganggu warga terutama bagi kesehatan, warga meminta perbaikan jalanan yang berlubang dari dampak aktifitas truk, penjadwalan jam kerja dump truk agar ditertibkan dan bak harus tertutup terpaksa. (M. Taqrib).

Leave A Reply

Your email address will not be published.