MAHASISWA UM TINGKATKAN SDM PEMUDA MELALUI PROGRAM KERJA TENTOR

0

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) Dusun Ketuwon, Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan melakukan salah satu program kerja yaitu Tentor. Tentor ini bertujuan untuk mengajarkan kepada para pemuda mengenai Bahasa Inggris tingkat dasar, karena pada kenyataannya sebagian besar pemuda di Dusun tersebut tidak menempuh pendidikan yang cukup tinggi. Menurut Dita Perdana selaku penanggung jawab tentor, “Tentor dilakukan sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia yang ada di Dusun Ketuwon dalam bidang pendidikan. Program ini diharapkan kedepannya mereka bisa menjadi pengajar baik bagi adik, teman maupun masyarakat sekitar”.

Kegiatan dilakukan setiap hari mulai pukul 21.00 sampai 23.00 WIB di Balai Dusun Ketuwon. Waktu tidak menjadi penghalang untuk mereka belajar karena pagi atau siang hari mereka disibukkan dengan aktivitas berladangnya. Antusiasme masyarakat tentunya patut kita apresiasi karena mengingat di desa ini belum pernah diadakannya Kuliah Kerja Nyata. Seminggu pelaksanaan tentor ini pemuda sudah bisa menyusun percakapan sederhana melalui beberapa kalimat yang telah diberikan dan mulai mengetahui tata bahasa serta beberapa rumus tenses. Salah satu pemuda yaitu Dayat mengatakan, “Program kerja tentor ini sangat bagus dan membantu, menambah ilmu juga pengalaman saya khususnya tentang Bahasa Inggris”.

“Tentor ini memiliki program kerja lagi yaitu Basic English for Economy and Tourism (BEFET), Pengajaran Strategi Belajar Mengajar (PSBM), Literasi, Strategi Ekonomi Pemasaran (SEP), dan Public Speaking. Program tersebut menjelaskan mengenai tata bahasa dalam Bahasa Inggris, jenis-jenis kata, tenses, kosa kata dan kalimat yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris” ujar M. Choirul Bashori selaku Koordinator Desa. Pengajaran tentor juga menyediakan fasilitas sharing yaitu antara pengajar dan pemuda untuk berbagi ilmu. Pemuda dapat menceritakan asal usul atau kisah Gunung Bromo dalam Bahasa Indonesia, kemudian pengajar menerjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Sharing tersebut sangat membantu pemuda untuk menjadi pemandu wisata. Adanya program kerja tentor ini diharapkan bisa menambah pengetahuan masyarakat mengenai ilmu yang diberikan dan menjadi peluang untuk mereka menjadi pemandu wisata di Gunung Bromo dengan bekal pengetahuan Bahasa Inggris yang didapat melalui program kerja ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.