Selain Mengangkut 139 Penumpang Dan 48 Kendaraan. KM Lestari Maju yang Tenggelam Juga Membawa Uang BPD Senilai Rp 30 Miliar

0

LINTASMATRA.COM – BULUKUMBA. Kapal KM Lestari Maju yang dalam perjalanan menuju pelabuhan Bira – Pamatata. Di beritakan tenggelam di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 14.30 Wita.

KM Lestari Maju sendiri mengangkut 139 dan 48 kendaraan yang terdiri dari 18 motor, 14 mobil, kendaraan golongan V sebanyak 8 unit, dan kendaraan golongan VI sebanyak 8 unit. Selain membawa penumpang dan kendaraan KM Lestari Maju di kabarkan tengah membawa Uang BPD Senilai Rp 30 Miliar

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Selasa (3/7/2018). menyatakan ” Manifes kapal ada 139 orang penumpang dan 48 kendaraan, diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam.”

Sedang data dari Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani secara terpisah mengatakan. ” Informasi atau data sementara, korban selamat masih berkisar 19 orang dan korban tewas 12 orang.”

Sementara berkaitan dengan uang BPD Rp 30 miliar. masih belum jelas. Menurut Irmayanti Sultan saat dihubungi, Selasa (3/7/2018).
“Dana itu belum dapat kami amankan dari kapal, jumlahnya Rp 30 miliar. Dana sebesar itu merupakan pembayaran ASN dan dana BOS. Saat ini kami terus mengupdate data dari lapangan karena sinyal di sana putus-putus,” ujar Direktur Treasury Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulsel,

Yanti menyebut, uang Rp 3 miliar itu dibawa 5 pegawai BPD Sulsel. Empat pegawai selamat, tapi 1 pegawai masih di kapal.
“Satu pegawai kami, driver masih menggantung di bibir kapal,” sebutnya.

Dia memastikan sekalipun dana yang terbawa tenggelam KM Lestari Maju, pembayaran ASN tetap berjalan karena dana yang diangkut KM Lestari Maju sudah diasuransikan.

Keadaan kapal sendiri pada selasa malam masih di beritakan dalam kondisi miring terbalik. Amirudin Kepala Kantor SAR Makasar yang kini berada di sekitar pelabuhan pamatata menyampaikan. “Kondisi terkini pada selasa malam (3/7/2018). proses evakuasi dan pencarian korban KM Lestari Maju masih di langsungkan. Tim evakuasi yang berjumlah sekitar 120 orang yang terdiri dari gabungan Basarnas, kepolisian Polres Selayar, BPBD Kab.Selayar maupun SABANDAR Selayar di bantu nelayan setempat, berhasil meng evakuasi 31 orang. 19 di antaranya selamat dan 12 lain dalm kondisi tewas. dan semua korban selamat kini telah di rawat di Puskesmas Pamatata. Sedangkan 108 penumpang lain kini masih dalam proses evakuasi.”

Selain itu Amirudin juga menambahkan. “kondisi kapal sendiri dari informasi yang di dapat di lokasi masih dalam keadaan miring tenggalam. dalam evakuasi sendiri, kami mendapat banyak kesulitan, dari jarak pandang yang terbatas, gelombang yang kurang bersahabat di tambah hujan lebat yang kini mengguyur lokasi evakuasi. selain itu kami juga kesulitan dalam mencari informasi di karnakan tidak adanya signal HP maupun Radio Komunikasi. jadi sementara ini informasi baru bisa kami dapat dari tim evakuasi yang datang dari lokasi tenggelamnya kapal KM Lestari Maju.”

Kapal KM Lestari Maju sendiri merupakan salah satu kapal pilihan penumpang dalam tujuan Pelabuhan Teluk Batam menuju Pelabuhan Rasal Jaya Kab. Kuburaya dan sebaliknya. kapal tiga lantai ini merupakan kategori kapal bobot besar. Selain mengangkut ratusan penumpang, kapal yang beroprasi sejak awal agustus 2016 ini dapat membawa 20 mobil dan 30 truk. (*/Segate)

Attachments area

Leave A Reply

Your email address will not be published.