Komandan Lantamal V Pimpin Upacara HUT TNI AL Ke-73Tahun 2018

0

LINTASMATRA.COM – SURABAYA. Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., memimpin upacara peringatan HUT TNI AL ke-73 tahun 2018 yang digelar di Lapangan Upacara Yos Sudarso, Mako Lantamal V Surabaya, Jl. Laksda M. Nasir no. 56 Tanjung Perak Surabaya, Senin (10/9).

Tampak hadir adalam upacara tersebut Wakil Komandan Lantamal v Kolonel Marinir CTO Sinaga, para Asisten Danlantamal V, para Kasatker da Kadis jajaran Lantamal V dan perwira staf lainnya.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari peleton perwira, peleton Pomal, SSK Bintara, SSK Tamtama, dua SSK PNS Lantamal V.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Lantamal V menyatakan bahwa pelaksanaan upacara hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 september 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan ini.

Menurutnya, dalam kurun waktu 73 tahun ini, telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu dalam memperjuangkan dan mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia melalui laut.

“Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri angkatan laut,” terangnya.

Wujud pengabdian tersebut lanjhtnya, dapat diimplementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang kita miliki demi kejayaan Angkatan Laut.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sumber daya laut kita sangat melimpah, namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat indonesia. Sebagai bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap permasalahan bangsa tersebut, tepat kiranya pada peringatan hari jadi kali ini tema yang diambil yaitu “bersama rakyat tni angkatan laut siap membangun bangsa guna mewujudkan kesejahteraan melalui laut”.

Makna dari tema tersebut adalah, TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim baik di wilayah perairan yurisdiksi nasional indonesia maupun di kawasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa, pungkasnya.(Pen Lantamal V/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.