Polisi Khusus yang Bertugas Memberantas Balap Liar di Sidoarjo

0

SIDOARJO – LM.COM. Tim Delta Speed saat apel sebelum mengobrak lokasi balap liar di sejumlah titik.Trek-trekan di jalan raya atau praktik balap liar sedang menjadi incaran Petugas Satlantas Polresta Sidoarjo.

Beberapa titik yang biasa dipakai balapan terus diawasi. Dan ketika ada sejumlah pemuda berkumpul di kawasan itu sampai larut malam, langsung dibubarkan oleh polisi.Beberapa lokasi yang kerap dipakai balap liar diobrak oleh petugas. Puluhan pemuda pun semburat dan meninggalkan lokasi.

“Kami suruh bubar. Memang mereka hanya nongkrong, tapi ngapain juga sampai dinihari. Potensinya ada balapan, makanya dibubarkan,” tegas Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar.
Untuk membersihkan Sidoarjo dari praktik balap liar, Satlantas bahkan sudah menyiapkan tim khusus. Yakni Delta Speed, yang sekarang ini sengaja difokuskan untuk mengatasi balap liar atau trek-trekan di jalan raya, Senin (10/12/2018).

Tim khusus tersebut beranggotakan 20 orang personil. Setiap Sabtu malam hingga Minggu dinihari, serta setiap malam menjelang hari libur, tim ini bertugas mengawasi titik-titik rawan balap liar. dua lokasi yang menjadi sasaran mereka. Yakni jalan Jenggolo dan Sedati. Dua lokasi yang terbilang paling sering dipakai ajang balap liar.

“Selain patroli, semua yang bergerombol sampai malam juga dibubarkan. Dan petugas juga terus mengawasi dua tempat tersebut sampai pagi,” tandas Fahrian.
Selain dua tempat ini, beberapa lokasi lain di Sidoarjo juga kerap menjadi arena balap liar. Termasuk Arteri Porong, jalan Pondok Candra, Baypass Juanda, Lingkar Timur, dan Baypass Krian.

“Tempat-tempat itu dan semua yang rawan dipakai balap liar sudah menjadi incaran tim Delta Speed. Dijaga sampai pagi, dan semua akan diobrak,” tegasnya.
Disampaikannya, tim ini sebenarnya bukan tim baru. Tapi kali ini lebih dimaksimalkan, dengan fokus utamanya balap liar. Tempat-tempat yang biasa dipakai nongkrong anak-anak pemain balap liar atau yang menonton, semua di obrak.

Kalau hanya patroli, pelaku dan penonton balap liar seperti tidak pernah jera. Mereka tetap kembali trek-trekan di jalan. Makanya, oleh petugas ditongkrongi dan dibubarkan semua. Bahkan, polisi juga berniat untuk mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam memberantas praktik ini.karena,selama ini aksi trek-trekan di jalan raya sangat meresahkan.(YUL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.