HUT Kecamatan Kalipuro Ke – 23 Di Meriahkan Lomba Perahu Layar Di Pantai Waru Doyong Bulusan

0

LINTASMATRA.COM – BANYUWANGI. Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke – 23 tahun 2019, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa – Timur menggelar lomba perahu layar di Pantai Waru Doyong, Rt 02, Rw 02, Bulusan, Minggu (17/03/2019).

Di usianya yang 23 tahun Kecamatan Kalipuro memilih kompetisi bahari (perahu layar) untuk memperingati dan merayakan hari jadinya, lomba perahu layar atau yang lebih di kenal “Balap Jokong”. Kompetisi ini di ikuti oleh 63 kompetitor, dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Kalipuro namun ada peserta lomba yang berasal dari luar Kecamatan Kalipuro, seperti Desa Mandar, Kampung Ujung dari Kecamatan Banyuwangi kota, serta Desa Bangsring dan Bengkak dari Kecamatan Wongsorejo. Bahkan tak ketinggalan juga peserta dari Gilimanuk Provinsi Bali yang mayoritas dari peserta adalah nelayan tradisional di sepanjang garis pantai selat Bali.

Menurut panitia lomba, Mulyono saat di konfirmasi di kediamannya mengatakan panitia sudah menyediakan hadiah jutaan rupiah, trofi, dan piagam penghargaan kepada para juara yang tampil sebagai champion.

Kompetisi kami bagi tiga babak yakni penyisihan, semi final dan final, setelah melalui beberapa proses akhirnya kami dapatkan juaranya, meski di tengah babak final kami mendapat sedikit kendala karena , angin yang awalnya berhembus kencang tiba – tiba menurun drastis hingga menyulitkan para finalis,dan kami harus tetap melanjutkan kompetisi mereka, “tandasnya”.

Kendati demikian perlombaan di lanjutkan dengan alat bantu dayung, tentu saja hal itu membuat para finalis harus bekerja extra keras agar bisa mencapai garis finish, imbuhnya.

Bisa anda bayangkan rute lomba start dari Bulusan ke gilimanuk dan kembali finish di Bulusan, mendayung pula, sungguh kami salut kepada mereka para finalis yang tidak pernah menyerah menyelasaikan kompetisinya meski , alam kurang mendukung mereka”pungkasnya”.

Di akhir penjelasannya Mulyono
menuturkan bahwa kompetisi saat ini di dominasi kompetitor dari Kelurahan Bulusan sebagai tuan rumah, finish di urutan pertama dan runner up tim janur kuning 1 dan 2 yang di kemudikan oleh Mastur dan Adiknya dari Bulusan, di susul juara ketiga tim dari Tanjung kelurahan Klatak. Sedangkan juara harapan 1 dan 2 tim dari Desa Bangsring dan Gilimanuk Bali.

Penyerahan piala para juara di serahkan oleh delegasi Kecamatan Kalipuro, Kelurahan Bulusan, dan ketua panitia Jarno.(Mery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.