Sungai Desa Kepadangan Alih Fungsi Menjadi Tempat Pembuangan Sampah.

0

LINTASMATRA.COM — SIDOARJO. Kurangnya Kesadaran Warga Desa Kepadangan, kecamatan Tulangan yang berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Mengalih fungsikan Sungai menjadi tempat  pembuangan sampah  dari warga desa kepadangan.Dan Sampah-sampah tersebut hanyut terbawa arus dari sungai-sungai yang ada di wilayah yang berdekatan dengan Kepadangan.Melihat situasi tersebut warga,aparat, kepala Desa kepadangan dan juga dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo tidak tanggap untuk membersihkan sampah tersebut.Warga Desa kepadangan kecamatan Tulangan dalam keseharian nya  masih kurangnya Kesadaran dari masyarakat Dusun Kepodang Desa Kepadangan terhadap penanganan sampah masih rendah. 
Terutama Dari pemerintah Desa Kepadangan segera tanggap dan membentuk TPST atau Bank Sampah Rumah Hijau, dengan tujuan bisa mengedukasi masyarakat di Dusun Kepodang Desa Kepadangan kecamatan Tulangan dalam mengolah dan menangani sampah.
Pencemaran sampah terjadi diarus bawah ke beberapa Desa Singopadu Tulangan, Kepatihan,Pangkemiri  bahkan sampai Kecamatan Tulangan kewilayah kecamatan lain seprti di Desa Ganggang Panjang, Randegan kecamatan Tanggulangin.Seperti yang dapat ditemukan berbagai macam sampah baik sampah rumah tangga maupun B3, seperti bekas sampah tangga besi, batu batrei dan ban-ban bekas, sampah-sampah tersebut telah menghambat kelancaran aliran sungai.
Sebenarnya untuk mengatasi sampah itu Kades beserta aparat desa bekerjasama dengan para warga untuk melakukan bersih-bersih sampah, baik di daratan,di atas permukaan air  maupun dibawah.Dan diusakan untuk setiap bulan melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di darat maupun di Sungai. Penanganan sampah merupakan hal yang sangat membutuhkan  perhatian serius dari berbagai pihak dan warga sekitar, karena untuk saat ini sampah di desa kepadangan masih menjadi permasalahan dalam penanganannya.
Dampak sampah pasti terjadi dan menjadi kendala dimasyarakat  jika pemerintah Desa kepadangan dan warga tidak segera menanganinya ungkap Dari Forum BPD Kabupaten  Sidoarjo yang disampaikan Bowo (Ganjar) Juga Rokhman.(Zeey/team/ES).

Leave A Reply

Your email address will not be published.