PUSHIDROSAL SIAP MENDUKUNG SURVEI DAN PEMETAAN

0


POSISI PIPA GAS BAWAH LAUT PERTAMINA

LINTASMATRA.COM – JAKARTA. Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) siap mendukung survei dan pemetaan posisi pipa gas milik Pertamina Hulu Energi Ocean South East Sumatera (PHE-OSES) untuk mendukung keselamatan fasilitas offshore dan keselamatan navigasi.

Hal itu dikatakan Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos.,S.H., M.H saat memenuhi undangan PHE-OSES untuk memberikan sosialisasi analisa data Peta Laut Indonesia (PLI) terbitan Pushidrosal.

Kapushidrosal yang hadir didampingi beberapa pejabat utama Pushidrosal tersebut diterima General Manager (GM)  ALfi Rusin dan segenap jajaran  direksi PHE-OSES di kantor PHE-OSES, Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta utara, Kamis (11/04/2019).

GM PHE-OSES  ALfi Rusin menyampaikan bahwa pihaknya tidak ingin kejadian bocornya pipa gas bawah laut PHE-OSES, (sebelumnya China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) sebagai operator), di perairan Bojonegara Banten beberapa waktu yang lalu terjadi lagi.

Oleh sebab itu, untuk mendukung keamanan fasilitas offshore dan keselamatan pelayaran di kawasan asset PHE-OSES,  meminta bantuan Pushidrosal untuk memberikan sosialisasi tentang analisa data yang ada di Peta laut Indonesia terbitan Pushidrosal dengan data asset yang tergelar pada data peta yang dimiliki PHE-OSES.

Selain itu, bekerja sama dengan Pushidrosal untuk dalam survei dan pemetaan pipa bawah laut PHE-OSES, sehingga pipa-pipa yang tergelar di bawah laut tersebut tercantum dalam Peta Laut Indonesia sehingga keberadaannya terjamin keamanannya.

Menanggapi hal itu, Kapushidrosal menyampaikan bahwa  sebagai lembaga hidrografi  di Indonesia, yang menerbitkan peta laut Indonesia, Pushidrosal  berkewajiban untuk menginformasikan setiap hal terkait keselamatan dan keamananan di laut serta kelestarian lingkungan laut.  Pushidrosal berperan pada tahapan penggelaran pipa dan kabel bawah laut serta instalasi lepas pantai di seluruh perairan Indonesia dan  siap mendukung survei dan pemetaan posisi pipa gas bawah laut Pertamina, dalam hal ini PHE-OSES.

Ditambahkanya, Pushidrosal telah melakukan survei verifikasi untuk memastikan posisi pipa gas bawah laut PHE OSES  yang tergelar dari perairan Banten hingga Kepulauan Seribu, yang akan digambarkan pada Peta Laut Indonesia. Selain itu, survei verifikasi yang dilakukan Pushidrosal ini juga bertujuan untuk mendukung keselamatan Navigasi dan Keamanan Pelayaran di perairan sekitaran pipa gas PHE OSES.

Seperti diketahui, Pushidrosal telah mengirimkan satu Tim Survei untuk memverifikasi posisi pipa bawah laut PHE-OSES.  Area survei  memanjang   34 NM  dengan lebar  0,53 NM, dimana tim survei ini melaksanakan Verifikasi Pipa Gas tersebut yang membentang mulai dari Gas Matering System (GMS) Cilegon, Banten hingga ke Pulau Pabelokan di perairan Kepulauan Seribu DKI Jakarta.

Operasi survei ini meliputi akuisisi, pengumpulan, pengolahan dan penyajian data hidrografi dan oseanografi serta akan digambarkan pada peta Laut nomor 78 terbaru.

Dari hasil survei, tim survei berhasil mendapatkan lokasi pipa yang memang sudah tergelar sebagai informasi untuk perbaikan Peta Laut Indonesia Nomor 78.

Kadisinfolahta : Irfan WinantoKolonel  Laut (KH) NRP 12789 /P

Leave A Reply

Your email address will not be published.