Jaring Teritorial Penting!!! Demi Keamanan Wilayah, TNI-Rakyat salah satu pilar Bangsa

0

LINTASMATRA – SURABAYA – Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan II TA 2019 dilaksanakan hari ini di Pendopo Kelurahan Kedung Baruk, Kec. Rungkut Kota Surabaya dibuka oleh Komandan koramil 05/Rungkut Kodim 0831/Surabaya Timur, Mayor Chb Suprianto. Pada kesempatan tersebut, Mayor Chb Suprianto mengatakan, penyelenggaraan kegiatan pembinaan ini berguna untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat.

Selain itu, teritorial merupakan center of gravity kekuatan pertahanan. “Guna mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, maka setiap prajurit dituntut memiliki kemampuan memecahkan masalah, kemampuan mengayomi, kemampuan berkomunikasi, wawasan pengetahuan yang luas serta senantiasa menjadi panutan dan suri teladan.

Fungsi teritorial merupakan center of gravity kekuatan pertahanan, sekaligus merupakan fungsi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kami benar-benar butuh terhadap jaring atau mitra karib dengan seluruh komponen masyarakat,” ujar Danramil Rungkut (29/04/2019). Sementara itu, Wakil Komandan Koramil (Wadanramil) 05/Rungkut, Kapten Inf Sumartono mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menyatukan pemahaman demi melancarkan lapor cepat yang berguna untuk meminimalisir tindak kejahatan.

“Tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut guna meningkatkan pemahaman tentang pembinaan peta jarak jaring teritorial di satuan komando kewilayahan, sehingga memperlancar kegiatan deteksi dini, cegah dini, dan sistem lapor cepat. Sasarannya adalah meningkatkan kemampuan dalam pembinaan terhadap mitra karib yang sudah dibentuk, sehingga akan lebih berdaya guna dan lebih terarah, membentuk mitra karib baru sehingga akan lebih optimal dan penyempurnaan pembuatan peta jarak jaring teritorial di satuannya,” kata Kapten Inf Sumartono .

Kegiatan ini diikuti oleh para perwakilan dari beberapa kelurahan wilayah Koramil Rungkut , diantaranya Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Satgas dari kelurahan Medokan Ayu, Satgas dari kelurahan Rungkut Kidul, serta beberapa Ketua RW dan RT Kedung Baruk dan Penjaringansari.

acara yang dikemas santai tersebut terlihat keakraban antara warga dengan beberapa anggota TNI yang di akhir acara Koramil Rungkut memberikan undian hadiah berdasarkan absen hadir yang semakin meriah hingga acara di tutup oleh Danramil Rungkut, Mayor Chb Suprianto tepat pada pukul 20:00 wib. (mm|red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.