Babinsa Koramil 0816/18 Sedati Melaksanakan Pengamanan Lebaran di Bandara Juanda

0

LINTASMATRA.COM – SIDOARJO. Menjelang musim mudik Lebaran 2019 Babinsa Koramil 0816/18 Sedati Serda Wawan Triono melaksanakan Pengamanan di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Menurut GM Angkasa Pura I Heru Prasetyo pengamanan di Bandara Juanda akan dilengkapi bantuan kendali operasi (BKO) dari Personil Polri. Sementara personil dari jajaran TNI diperkirakan mencapai 50 orang. Tak hanya itu, jumlah personil pengamanan Bandar Udara (Aviation Security) di Bandara Juanda disiapkan sebanyak 75 orang. Kamera CCTV yang tersebar di sejumlah lokasi bandara juga dimaksimalkan.

Jadi jumlah keseluruhan hampir 100 personil untuk aspek keamanan, katanya. Pada H-1 Lebaran Heru Prasetyo menambahkan, para personil itu akan melakukan pengamanan yang dibagi shift tertentu, lantaran operasional bandara tidak pernah berhenti. Nantinya, mereka akan melakukan pengamanan selama 16 hari, mulai 29 Mei – 13 Juni 2019. Selain keamanan Bandara, Angkasa Pura I juga mengantisipasi lonjakan muatan dan keamanan bagasi. “Iya benar, pasti ada kelonjakan bagasi saat ada kelonjakan penumpang. Saya beri gambaran, di Bandara Juanda setiap hari rata-rata di luar weekend ada 100.000 koli, sedangkan weekend sampai 115.000 – 120.000 koli,” ujar Heru. Lebih lanjut, Heru Prasetyo menjelaskan akan menyiagakan tim ground handling yang bekerja penuh. Khususnya pada periode puncak arus mudik, yaitu H-1 dan arus balik pada 10-11Juni 2019 “Jadi jaminannya, kita menyiagakan tim Ground Handling. Kedua tim maskapai itu sendiri, dan yang ketiga baru kami (AP I).

Karena, kami juga harus menyiagakan tim security-nya di dalam gedung terminal, sehingga tidak terjadi hal-hal, seperti pencurian bagasi seperti waktu itu,” jelas Heru Prasetyo. Ia juga menjelaskan serangkaian mitigasi-mitigasi sudah disiapkan, salah satunya larangan para penumpang atau siapa saja masuk ke daerah terbatas. “Kita memberikan izin tetapi melalui pintu security check point, termasuk meninggalkan surat keterangan atau identitas, dan meninggalkan entry pass atau boarding pass,” imbuhnya.(ES)


Leave A Reply

Your email address will not be published.