SEMARAK KABUPATEN BONDOWOSO PERINGATI HARJABO KE-200 TAHUN KIRAP DENGAN ZIARAH KE MAKAM KI RONGGO

0

LINTASMATRA.COM – BONDOWOSO. Semarak Kabupaten Bondowoso dengan memperingati Hari Jadi Kabupaten Bondowoso (Harjabo) yang ke 200 tahun, Forkopimda dan Forkopimka, OPD serta segenap PKK dan Dharma Wanita turut andil dalam perayaan tersebut. Perayaan berupa iring-iringan mulai dari mobil, sepeda motor, Bentor / Becak penuh dengan hiasan warna-warni serta memperkenalkan hasil karya dimasing-masing kerjanya. Iring – iringan berupa Kirap yang diberangkatkan mulai dari depan Pendopo Kabupaten Bondowoso menuju Makam Raden Bagus Asra Ki Rongggo di Kelurahan Sekarputih Kecamatan Sekarputih Kabupaten Bondowoso.

Dalam iring-iringan pawai tersebut Wakil Bupati Bondowoso beserta istri, Forpimda, Kepala OPD dan para Camat Se-Kab. Bondowoso dengan naik becak hias yang di sambut hangat oleh masyarakat di sepanjang jalan menuju makam RBA Ki Ronggo. Begitu juga sesampainya di makam Ki Ronggo disambut oleh para abdi termasuk anak cucu Ki Ronggo selaku Pembabat Bondowoso, pada jamannya yang diutus oleh Pangeran Pate Alos yang sekarang makamnya ada di Besuki Situbondo.

Perayaan Harjabo sekarang ini tampil beda dari tahun sebelumnya, menurut Wabup” Irwan, karena Bondowoso milik masyarakat Bondowoso sehingga masyarakat bisa menikmati semua.” Kata Wabup,” Irwan. Atas pantauan awak media Lintasmatra.com. terhadap peserta kirap,” Sekdes, dari Desa Lumutan” Kimyanto, Kecamatan Botolinggo, menyampaikan dengan ikut serta memperingati Harjabo yang ke-200 tahun, bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang mana Kabupaten Bondowoso sudah menunjukkan keberhasilan baik dari segi pertanian, pariwisata, dan kemajuan lainnya, sehingga Kabupaten Bondowoso banyak yang melirik untuk investasi baik dalam Negeri sampai luar negeri.” tutur Kimyanto, selaku Sekdes Lumutan, yang tergolong petani lombok omzetnya tembus luar negeri.

Begitu juga dalam bentuk syukur terhadap Allah SWT, Yang mana Wabup juga mengucapkan terimakasih atas suport dan antusias semua elemen masyarakat Bondowoso demi memeriahkan Harjabo tersebut.

Dipuncak acara Ziarah di makam Ki Ronggo, Wabup bersama Forkopimda Bondowoso lakukan melepaskan burung merpati sebanyak 200 ekor burung, pertanda 200 tahun Bondowoso telah berbuat untuk masyarakat Bangsa dan Negara.” tutur Wabup, Irwan.”* ( mito )

Leave A Reply

Your email address will not be published.