Komandan Lantamal V Hadiri Gelar Pasukan Kesiapan Latihan Gabungan TNI Dharma Yudha 2019

0

LINTASMATRA.COM – SURABAYA. Komandan Pangkalan Utama TNI AL V, Koarmada ll, Laksama Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP, menghadiri Gelar Pasukan Kesiapan Latihan Gabungan TNI Dharma Yudha Tahun 2019 yang digelar di Dermaga Madura, Komando Armada ll, Ujung, Surabaya, Kamis (5/9).

Gelar pasukan Latgab TNI Dharma Yudha kali ini dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendeal TNI Andika Perkasa mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dengan Komandan Upacara Panglima Kostrad, Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, SH, M.Tr (Han).

Tampak hadir Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M, Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Dankodiklat TNI, Dansesko TNI, Irjen TNI, Danjen Akademi TNI, Asops Kasal, Pangkoarmada I, Pangkoarmada ll, Pangkolinlamil, Dankodiklatal, Gub AAL, Dankormar, Pangdam V/ Brawijaya, Danpuspenerbal, Kadispsial dan Danpasmar 2. Pada gelar pasukan kali ini diikuti 1 Unit Korsik Lantamal V, 1 SSK Passus TNI, 1 SSK Kogasudgab, 3 SSK Kogasgabfib/Pasrat, 3 SSK Kogasgablinud, 1 SSK Kogaslagab, 1 SSK Kogasgabratmin dan 2 SST Satgasduk.

Sementara itu Alutsista yang digelar antara lain dari TNI AD berupa 6 unit Tank Leopard, 1 unit Helly Apache, 1 unit Helly Serbu Mi-35, 6 unit Meriam Caesar, 6 unit Roket Astros, 6 unit Meriam 76 dan 2 unit Rantis Den 81. Kemudia TNI AL menurunkan 4 unit Helly Bell (2 o/b Sigma Class & 2 ob LPD), 3 KRI LPD, 3 unit KRI Sigma class, 3 unit KRI MRLF class, 6 unit RM 70 Grad/Vampire, 6 unit How 105 MM, 15 unit Tank BMP 3FIPT-76, 8 unit Kappa K-61, 6 unit BTR/LVT 7, 1 unit Ran DF, 1 unit Ranbeng, 1 unit Ran Dapur, 1 unit Komob, 2 unit Sea Rider Den Jaka.

Sedangka TNI AU menampilkan 1 unit PTTA Aero star, 2 unit Helly dan 3 Unit Rantis Den Bravo. Pangliam TNI dalam amanatnya yang dibacakan Kasad mengatakan bahwa Latgab merupakan latihan yang dilakukan untuk menguji kesiapsiagaan TNI untuk melaksanakan kampanye militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang diperkirakan akan terjadi.

Pelaksanaan Latgab saat ini lanjutnya, merupakan puncak dari latihan yang sebelumnya telah dilaksanakan dimasing-masing Matra.

TNI AD telah melaksanakan latihan Antar Kecabangan Brigif Para Raider 17/1 Kostrad di Puslatpur Baturaja, Sumsel. TNI AL telah melaksanakan Latihan Armada Jaya ke-37 di perairan Laut Jawa, Laut Kangean, Pulau Sapudi dan Asembagus serta TNI AU telah menggelar latihan Angkasa Yudha di Air Weapon Range (AWR) Lumajang, Jatim.

Untuk itu kepada seluruh unsur pimpinan, Panglima TNI menekankan untuk melaksanakan tugas dan perannya degan baik, sesuai skenario latihan yang telah ditetapkan, karena sudah saatnya kita tidak boleh lagi bermain-main diwilayah inkonsistensi dalam membangun interoperability TNI.

Sementara itu bagi seluruh prajurit, orang nomor satu dijajaran TNI ini memerintahkan untuk melaksanakan latihan dengan penuh semangat dan militansi, karena sekecil apapun peran dan tugas para prajurit dalam satuan, akan sangat menentukan keberhasilan pembangunan kemampuan interoperability TNI saat ini dan kedepan.

Pada Latgab kali ini, TNI AL akan mengerahkan puluhan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang terdiri dari 23 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI),14 Pesawat Udara dan 139 material tempur Marinir serta 4.242 prajurit dalam kegiatan Latihan Gabungan TNI Tahun 2019 yang puncaknya akan dilaksanakan di perairan Laut Jawa dan Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur pada tanggal 9-12 September 2019 mendatang yang direncanakan akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Autentifikasi Kadispen Lantamal V Mayor Laut Rohman Arief.

Leave A Reply

Your email address will not be published.