Antisipasi Kesehatan Prajurit, Kodim 0822 Bondowoso Gelar Posbindu Berkala Penyakit Tidak Menular

LINTASMATRA.COM – BONDOWOSO

Bondowoso, Kodim 0822/Bondowoso bekerjasama dengan Dinkes Bondowoso dalam rangka kegiatan deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dan menggelar kegiatan pos pembinaan terpadu (Posbindu) secara berkala diantaranya pengukuran tekanan darah, pengukuran TB/BB, dan IMT (Indeks Masa Tubuh), skrening gangguan kesehatan indra, cek gula darah, cek kolesterol, skrening kesehatan jiwa dan konsultasi gizi yang di gelar di Makodim 0822 Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso, Rabu (15/6).

Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., mengatakan, “Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular yang terintegrasi kepada para prajurit dan keluarga serta gangguan akibat kecelakaan maupun tindak kekerasan dalam rumah tangga.

Diharapkan dalam kegiatan berikutnya seluruh personel maupun anggota Persit bisa mengikutinya, agar pengecekan perkembangan kesehatan personel maupun anggota Persit KCK Kodim 0822/Bondowoso dapat tetap terjaga dan terpantau” harapnya.

Kegiatan ini Posbindu berkala ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bondowoso. Pemeriksaa meliputi registrasi pemberian nomor kode/urut yang sama serta pencatatan ulang hasil pengisian KMS FR-PTM ke Buku pencatatan, wawancara kader.

Selain itu juga dilakukan pengukuran TB, BB, IMT, lingkar perut, analisa lemak tubuh, pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, trigliserida, APE, IVA, identifikasi faktor risiko PTM dan Konseling/Edukasi.(Pendim0822/Ratri)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.