Mako Lanal Cilacap Dalam Keadaan Genting

0

LINTASMATRA.COM – CILACAP. Ratusan prajurit TNI Angkatan Laut Cilacap, Lantamal V terlibat pertempuran sengit menghadapi serangan udara yang dilancarkan musuh.

Kondisi ini menyebabkan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap sempat genting, ditambah dengan ratusan massa kelompok dan separatis yang makin membuat situasi memanas.

Beruntung kesigapan Prajurit Lanal Cilacap ini berhasil mengatasi serangan dan huru hara tersebut. Inilah simulasi yang dilakukan oleh Lanal Cilacap dalam Uji Terampil Glagaspur P1-P2 tahun 2019 yang berlangsung di Mako Lanal Cilacap Rabu (4/12).

Uji terampil ini menjadi bentuk kesiapsiagaan menghadapi dan mempertahankan pangkalan dari ancaman, gangguan maupun serangan pihak lawan baik musuh dari dalam maupun luar.

Setidaknya ada 200 personil gabungan dari prajurit dan PNS Lanal Cilacap yang mengikuti kegiatan tersebut.

Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana, S. Sos., menegaskan, Lanal Cilacap menjadi garda terdepan dalam mempertahankan NKRI khususnya diwilayah Selatan pulau Jawa.

Oleh karenanya dalam simulasi uji trampil tersebut, prajurit dituntut mampu menghadapi berbagai kondisi esktrim.

Termasuk mempertahankan pangkalan dari serangan udara dan separatis serta ketrampilan dalam penanggulangan kebakaran sebagai efek dari serangan tersebut.

Danlanal berharap, agar hasil uji terampil P1 P2 mampu dipertahankan, bahkan terus dikembangkan oleh para prajurit Lanal Cilacap menjadi lebih optimal. Autentifikasi Kadispen Lantamal V Mayor Laut Rohman Arip.

Leave A Reply

Your email address will not be published.