Sinergitas TNI – Lembaga Pendidikan, Anggota Koramil 0819/18 Kodim Pasuruan Latih Baris Berbaris Siswa – Siswi SMPN 1 Pandaan

0

LINTASMATRA.COM – PASURUAN. Tahun ajaran baru 2018 – 2019 telah bergulir. Nampak siswa – siswi telah kembali masuk sekolah untuk melaksanakan kegiatan belajar. Seperti anak didik SMP Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan kembali masuk sekolah sebagaimana yang sudah dijadwalkan.

Kali pertama masuk terlihat mereka mengenakan seragam olahraga dan sedang berbaris di halaman sekilah. Nampak anggota TNI berpakaian loreng sedang mendampingi para murid di lapangan, Senin (17/7) sekitar pukul 07.00 Wib.

Ketika awak media lintasmatra.com menghampiri mereka rupanya sedang melaksanakan giat latihan baris berbaris (LBB) dengan bimbingan anggota Koramil 0819/18 Kodim Pasuruan antara lain Pelda Sigit A, Serka Mariyono, Serda Edi S dan Kopda Sarifudin.

Kegiatan ini sebagai upaya untuk melatih serta membina kedisiplinan dalam rangka pembinaan generasi muda yang berkarakter untuk meningkatkan kesadaran dalam Bela Negara sehingga memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara, tutur Pelda Sigit A selaku Bintara Tinggi Komunikasi Sosial ( Bamin Komsos) saat dikonfirmasi dilapangan.

Adapun tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan agar bisa hidup disiplin dan menumbuhkan rasa kebersamaan siswa di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat, imbuh Pelda Sigit A.

“Kedisiplinan diri merupakan pondasi dasar untuk meraih keberhasilan, dan tak kalah pentingnya yaitu kemampuan serta keterampilan yang didasari sikap pantang menyerah, ketangguhan mental, sehingga nantinya akan mengantarkan para generasi muda sebagai penerus bangsa”, terangnya.

Para anak didik ini kedepan nantinya adalah calon pemimpin bangsa Indonesia, diantara mereka akan ada yang mengabdikan diri baik di instansi pemerintah maupun swasta, TNI maupun Polri untuk itu penting bagi mereka sejak dini di tumbuhkan rasa kedisiplinan, pungkas Pelda Sigit.

Sementara itu Erriastuti M.Pd Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pandaan mengatakan bahwa kegiatan LBB ini dilaksanakan rutin tiap tahun menjelang tahun ajaran baru dimulai. Pelaksanaannya kami bagi menjadi 3 sesi, untuk hari ini siswa siswi dari kelas IX, lalu berturut turut murid kelas VII dan kemudian kelas VII yang hari ini masih melaksanakan masa oreantasi sekolah ( MOS), ujar Kepala Sekolah.

Ia sangat berterima kasih kepada pihak TNI khususnya anggota koramil 0819/18 Kodim Pasuruan yang peduli terhadap generasi muda. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, sebab dengan cara dibina langsung oleh bapak-bapak dari TNI, anak-anak didik kami terlihat lebih serius dan lebih antusias,” ungkap Erriastuti M.Pd.(Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.