Optimalkan Bantuan, Pemerintah Desa Manik Rejo Rehap Balai Desa.

0

PASURUAN – LINTASMATRA.COM. Bergulirnya dana bantuan rehap balai desa dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan di tahun 2018 ini, telah di optimalkan oleh Pemerintah Desa Manik Rejo Kecmatan Rejoso. Dana tersebut cair Kamis ( (25/10/2018) pekan kemarin. Pasca dan bantuan turun Kepala Desa Manik Rejo Muhamad Nurkholis segera mengundang tokoh masyarakat, tokoh agama, RT, RW, BPD, LPM dan perangkat desa untuk melakukan musyawarah tentang pelaporan dan transparansi dalam peruntukannya.

 

Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengalokasikan bantuan tersebut sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk merehab balai desa Manik Rejo. Rehab tersebut dinilai sangat penting terutama untuk mendukung, meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kepala Desa Manik Rejo Muhamad Mukhlis saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya mengatakan merehab balai desa dilakukan sebagai bentuk peningkatakan kualitas pelayanan kepada masyarakat, seperti sebagai tempat rapat antara internal pemerintah desa dengan masyarakatnya, kegiatan pengajian rutinan tim penggerak PKK dan lain – lain. Selasa (30/10/2018).

“Tentunya dalam mendukung dan meningkatkan sistem pelayanan di internal desa perlu ada sarana dan prasarana yang memadai”, ungkap kades. Terlihat dari pantauan awak media ini saat di lokasi, kondisi bangunan balai yang masih belum memadai selain atap yang sudah lapuk, bangunan balai desa nampak lebih rendah dari jalan raya yang memungkin menjadi lokasi genangan air saat musim penghujan tiba.

” Kami akan meninggikan pondasi bangunan balai desa kurang lebih 60 centi meter dari permukaan tanah, karena tekstur tanah di areal ini lembek dan bila nanti ada peninggian pengaspalan jalan desa, kondisi balai desa kami tidak terlihat rendah penampilannya, tutur kades”.

Sesuai RAB yang sudah disusun, dana bantuan tersebut dimanfaatkan untuk pengecoran tiang dan atap diganti total. “Kami akan mengoptimalkan dan memanfaatkan penggunaan dana bantuan ini sebaik – baiknya, meski sebenarnya belum mencukupi, ujar M.Mukhlis. Namun kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan agar tahun depan memberikan bantuan lagi agar kami bisa melanjutkan rehap, tambahnya.

Untuk meminiit anggaran pengerjaan rehap dilaksanakan secara bergotong – royong. Sebab pemerintah desa akan merehap total balai desa. Tampak Kepala Desa, anggota BPD, LPM dan perangkat desa bahu membahu menurunkan genteng dengan kerja bakti.

M.Gufron salah satu anggota BPD mengatakan “rehab tersebut dinilai sangat penting untuk mendukung dan memaksimalkan pelayanan. “Dimana, proses pelayanan untuk peningkatan kinerja aparatur pemerintah desa saat ini harus ditunjang sarana dan prasarana yang memadai salah satunya balai desa yang aman dan nyaman,” lanjutnya.

Selain itu ia juga meminta, pemerintah sebagai pemangku kebijakan, agar tahun depan dana rehap bali desa disa dicairkan lagi di desa ini karena sangat membantu kemajuan pembangunan di desa kami.

Kepada Bupati Pasuruan, kami mengucapkan terimah kasih atas bantuan rehap balai desa yang sudah diberikan, guna menunjang, mendukung memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, tandas kades. Dan tak lupa kepada BPD, LPM, perangkat desa yang sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk bergotong royong merehap balai desa ini, saya ucapkan terimah kasih pungkasnya.

Perlu untuk diketahui bawasanya Pemerintah Desa Manik Rejo menerima penghargaan dari Plt Camat Rejoso Komari SH.MM di tahun 2018 ini karena sudah lunas pajak sebelum waktu yang sudah ditentukan. Dan menjadi kebanggaan bagi pemerintah desa sebab hal tersebut belum pernah di raih pada pemerintahan sebelumnya. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.