PEMBINAAN TEKNIS DINI DAN CEGAH DINI TANGGAP BENCANA

0

Situbondo, Senin, 28 Januari 2019
Editor | Armito

SITUBONDO-( LM.COM.) ” Di musim penghujan Kabupaten Situbondo akan selalu antisipasi adanya Banjir Bandang, yang pernah di alami seperti tahun 2002 dan tahun 2008 Situbondo di porak- porandakan terjangan banjir bandang kiriman dari Kabupaten Bondowoso.

Dengan kemiringan dataran Situbondo dan Bondowoso perlu di antisipasi adanya curah hujan di Bondowoso melalui puluhan anak sungai di hulu yang menyatu di bendungan Sungai Sampean Baru ( Samba ) Bondowoso, sehingga mengalir dengan kecepatan tinggi ke hilir melalui sungan Kali Sampean, wilayah Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.

Untuk itu Kecamatan Panarukan, Bapak Camat” H. Marjulis, S.E. M.Si melakukan sosialisasi agar warganya selalu antisipasi akan terjadi Banjir Bandang yang tidak kita inginkan bersama.” kata Pak Camat Panarukan”H. Marjulis.

Hadir di acara tersebut, Bapak Camat Panarukan, BPBD Kabupaten Situbondo, Bhabinkamtibmas, Babinsa, OPD, Utusan Linmas dari masing – masing Desa se Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Keiapsiagaan BPBD Kabupaten Situbondo Gatot Trikorawan, S.E. M.Si. yang akrap dipanggil”Gatot memberikan pengertian terhadap peserta agar selalu antisipasi terhadap resiku bencana, baik penebangan dahan pohon yang dekat rumah,
beliau memberikan beberapa contoh dan cara mengantisipasi bencana di Kabupaten Situbondo yang selama ini dianggap rawan bencana atas faktor Geografis Kabupaten Situbondo.

Masih kata Gatot, masyarakat tidak boleh panik menghadapi bencana, pertama masyarakat harus peka dan paham terhadap lingkungan yang di tempati, BPBD akan selalu memberikan instruksi terhadap masyarakat apabila akan terjadi bencana,” terang Gatot.

Disamping itu masyarakat jangan gampang percaya dan berhati-hati apabila mendapatkan berita Hoax, dan jangan gampang menyebar luaskan atau di Share ke orang lain biar tidak berurusan dengan UU ITE.” Pungkas Gatot.

Selanjutnya, di acara tanya jawab, Ketua DESTANA Desa Sumberkolak, mengusulkan agar Bapak Camat Panarukan” mengusulkan adanya Tangkis sungai yang sudah mengawatirkan di Wilayah sepanjang Jalan Sumberkolak. Usulan tersebut agar dilakukan tangkis beton, karena mengewatirkam tangkis jebbol lagi” Sampai Ketua Destana, 28/1/2019.(*mito*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.