BUPATI JEMBER dr.Hj. FAIDA, MMR. NGAJAK WARTAWAN ( FWLM ) UNTUK BANTU PEMERINTAH

0

Jember | 1 Pebruari 2019Editor.
Pewarta | mutia/izza/*f2
Editor | Armito

JEMBER – ( LM.COM. ) ” Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., meminta wartawan dari berbagai lintas media yang tergolong di ( FWLM ) untuk membantu pemerintah dalam pemberian informasi kepada masyarakat secara cepat dan akurat sesuai fakta.

“Dikatakan, agar wartawan bisa menjadi mitra Pemerintah dalam pemberitaan dengan mendampingi organisasi perangkat daerah (OPD) dengan menyajikan informasi kepada masyarakat luas terkait perkembangan daerah terutama Kabupaten Jember.

“Dalam pertemuannya” Bupati dengan pengurus Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember, Jum’at 1 Februari 2019, di ruang Tamyaloka Pendapa Wahyawibawagraha, menyampaikan agar wartawan menjadi kepanjangan pemerintah bidang informasi melalui pemberitaannya di media cetak maupun Online.

“Dengan demikian, lanjut Bupati, wartawan tetap dengan idealismenya dalam membela kebenaran dalam pemberitaan yang menjadi hak Jurnalis dengan menulis kebenaran itu. “Tulislah kebenaran, ungkaplah kebenaran,” tutur Hj. Faida.

“Terkait pemberitaan OPD, Bupati menjelaskan setiap wartawan yang memiliki kompetensi keahlian tertentu bisa mendampingi OPD sesuai keahlian itu, tentunya melalui kode etik Jurnalis.” Imbuhnya

“FWLM menggali informasi di masing-masing OPD ini, keahliannya apa,” ujar perempuan bupati pertama di Jember ini. Dengan demikian, pemberitaan OPD lebih mudah didapat masyarakat dan masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi.

“Begitu juga, wartawan diharapkan mampu memberikan ilmunya kepada generasi milineal, karena generasi milineal juga memerlukan ilmu jurnalistik untuk kepribadian dalam mengembangkan bakatnya di bidang menggali informasi dan penulisan.” Imbuhnya

Generasi milineal ini, lanjut Bupati, akan ditempatkan di beberapa desa atau posisi tertentu untuk pemberitaan di wilayah-wilayah se-Kabupaten Jember, bekal ilmu Jurnalis dalam memberitakan keadaan di desa yang akan di informasikan untuk Kecamatan dan Kabupaten

“Sementara itu, Ketua FWLM,” Ihya Ulumiddin, menegaskan siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk ikut membangun Kabupaten Jember secara berdaulat

“Kita ingin membangun Jember dari karya jurnalistik kita. Kita juga ingin memberikan hal positif, edukatif, dan informatif, serta bisa menginformasikan potensi Jember di Indonesia bahkan dunia,” kata pria yang akrab dipanggil Udik ini.

“Kata Udik, yang didampingi sejumlah pengurus lainnya menjelaskan sejarah terbentuknya FWLM, yang berawal dari sejumlah aktifitas liputan bersama berbagai media di Jember. Forum ini berupaya untuk membentuk wartawan yang profesional dan mengubah pandangan terhadap wartawan.

Sejak dibentuk pada tahun 2014, lanjutnya, forum telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Seperti seminar, diskusi, serta diklat jurnalistik untuk meningkatkan kompetensi, dan kegiatan lainnya. Forum saat ini juga telah memiliki legalitas hukum.

“Anggota Ombudsman FWLM,” Gangsar Widodo menambahkan, forum memiliki tujuan baik untuk menciptakan kualitas jurnalistik yang mampuni pada seluruh anggota untuk bisa mengaplikasikan kemampuan sebagai wartawan.

Selanjutnya, Forum siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk menginformasikan program-program pemerintah. “Forum juga siap mengedukasi masyarakat melalui berita yang sehat dan akurat,” terang Pimpinan Redaksi Fakta Jember ini.

“Sementara itu, anggota Ombudsman FWLM lainnya, M. Rully Efendi, menyampaikan, selama empat tahun berdiri forum tetap memegang idealisme dalam jurnalistik ke wartawanan.

“Kita sudah bertemu Bupati, bukan berarti kita medianya Bupati. Seperti yang dikatakan Bupati Faida, kita harus menjadi media yang tegak lurus, Menjadi medianya Jember untuk mengenalkan potensi Jember. (*slamet#)

Leave A Reply

Your email address will not be published.