Tingkatkan Hasil Pertanian, Lilik Widji Astuti Dampingi Wakil Bupati Pasuruan Dalam Kunjungan Kerja

LINTASMATRA.COM-PASURUAN.

PASURUAN – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Lilik Wiji Astuti serta jajarannya, mendampingi KH Mujib Imron selaku Wakil Bupati Pasuruan dan berkesempatan berkunjung ke perkebunan beberapa komoditi pertanian khas Kabupaten Buru. Diantaranya bertandang ke tempat pengolahan Kayu Putih. Diketahui, tanaman obat tersebut banyak tumbuh subur di Kabupaten Buru, meskipun tidak dibudidayakan dan dirawat oleh petani setempat.

Sebagai produk unggulan yang sangat terkenal di tanah air, pengolahannya yang khas masih tetap dilakukan secara tradisional. Hal itu dilakukan untuk menjaga mutu dan kualitas produk yang dihasilkan. Minyak Kayu Putih yang dihasilkan akan dibawa ke Kabupaten Ambon untuk pengemasan dan pemasaran ke seluruh Indonesia.
Keesokan harinya, Gus Mujib demikian biasanya Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini tersebut disapa melanjutkan kunjungannya ke Desa Air Buaya.

Lengkap dengan prosesi penyambutan tarian adat Okulele setelah tiba di lokasi. Berikut melakukan pertemuan singkat dengan Forkopimka serta perwakilan kelompok tani yang kemudian berlanjut melaksanakan kunjungan ke kebun Cengkeh yang juga banyak dibudidayakan selain Pala dan Kelapa.
Dari hasil perbincangan gayeng dan penuh keakraban diperoleh beberapa konklusi. Menurut petani, dari segi perolehan benefit hasil panen, tanaman Pala lebih menjanjikan.

Selain selalu berbuah lebat, semua bagian buahnya memiliki nilai jual. Misalnya, bagian kulit diolah untuk manisan. Bahkan cangkang buah dihargai cukup tinggi yakni Rp 300.000/kg ditingkat petani.
“Dengan agroklimat dan struktur tanah syarat tumbuh yang dibutuhkan, saya kira perlu dilakukan uji coba tanaman Pala di Kabupaten Pasuruan”, ujar Gus Mujib di sela kunjungannya di kebun milik petani setempat.

Masih di hari yang sama, Gus Mujib bersilaturahim dengan Kepala Kantor Kementerian Agama dan Ketua PBNU Kabupaten Buru. Termasuk bersama guru, penyuluh serta MWCNU Desa Waeapo. Sebagai pamungkas, Wakil Bupati memenuhi undangan Unit 18 Desa Debowae Kecamatan Waelata untuk menghadiri acara Halal Bihalal.
Selain melakukan Sudi Komparasi komoditas pertanian, kehadiran Gus Mujib di Kabupaten Buru juga menjajaki peluang kerjasama di bidang pendidikan. Hal itu terpantau dari kunjungannya ke MTs di Balai Pertemuan Liquispera Desa Air Buaya. (dia/ine/tim )

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.