Bersih Dusun di Desa Mentaraman Dimeriahkan Dengan Kesenian Kuda Lumping Turonggo Putro Saloko

LINTASMATRA.COM – Malang

Malang – Bersih Dusun sebuah cara mengungkapkan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas semua nikmat yang telah diberikan. Melalui berbagai cara pelaksanaan tradisi warisan leluhur, seperti selamatan, atau mengadakan petunjukan wayang kulit namun ada yang lain di desa mentaraman kecamatan donomulyo kabupaten malang dalam kegiatan bersih dusun yang perdana ini di dusun kondangtowo desa mentaraman mengelar kesenian kuda lumping untuk memeriahkan bersih dusun yanh perdana, kegiatan dilakukan di pendopo kantor dusun kondangtowo tersebut dilakukan pada kamis (16/06/22).

Dengan menggelar acara pertunjukan kesenian tradisional kuda lumping di halaman Pendopo Dusun Kondangtowo masyarakat desa mentaraman Kecamatan donomulyo Kabupaten malang tampak warga masyarkat dusun kondangtowo berbondong bondong menyasikan pertujukan kesenian kuda lumping.

Juki salah satu pinihsepuh desa mentaraman saat ditemui oleh awak media ini menyampaikan, bahwa kegiatan bersih dusun di kondangtowo adalah untuk menguri uri budaya warisan leluhur atau adat istiadat yang sudah turun temurun yang bersifat ritual dengan selamatan atau pagelaran kuda lumping di masing masing pedukuhan dan untuk di dusun kondangtowo ini baru petama kalinya diadakan bersih dusun dan juga untuk meresmikan pendopo kantor dusun kondangtowo.

Sementara ditempat pertunjukan yohan selaku pimpinan kesenian kuda lumping mengatakan Kami berikan waktu kepada masing masing penari untuk tampil menghibur masyarakat dari hari jumat wage ini dengan menampilkan Turonggo putro saloko dari desa mentaraman donomulyo.

Harapan kami, dengan adanya kesenian kuda lumping ini semoga dapat ikut mempertahankan serta melestarikan kesenian kuda lumping sehingga bisa berpartisipasi dalam nguri-uri atau menjaga hidupnya kesenian tradisional sebagai salahsatu warisan budaya bangsa, tutup yohan.

(Ratri)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.