Bayi Yang Ditemukan Warga di Tepi Hutan Wongsorejo. Kini Kesehatannya Berangsur Membaik

0

LINTASMATRA.COM – BANYUWANGI. Sempat cemas lantaran Kesehatan menurun, petugas Puskesmas Bajulmati Kecamatan Wongsorejo segera merujuk bayi perempuan temuan Mbah Saminem (68) Warga Dusun Pringgondani Desa Bajulmati, ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan, untuk tindakan medis lebih lanjut.

Dari keterangan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD Blambangan Dr. Aisyah menjelaskan, kini kondisi bayi mengalami penurunan kadar gula dan infeksi. Namun pihak ruma sakit terus berupaya memberikan perawatan secara intensive, hingga kini bayi yang belum memilki nama ini, kesehatannya berangsur membaik.

“Masih berada di ruang bayi. Ditangani dokter sepesialis anak. Sudah kita rawat, tinggal pemulihan kesahatannya saja,” jelas Dr. Aisiyah, Selasa (17/7).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Banyuwangi Peni Handayani terkait temuan bayi ini mengaku banyak pihak yang ingin mengadopsi bayi malang tersebut. Pihaknya memperbolehkan siapapun yang ingin mengadopsi, namun harus melalui prosedur. Jika sudah sehat, dia akan merujuk bayi itu ke Panti Asuhan Bayi dan Anak di Sidoarjo Jawa Timur.

“Siapapun boleh. Asal sesuai aturan yang berlaku,” paparnya.

Sebelumnya, bayi malang ini ditemukan Mbah Saminem di jalan tepi hutan perbatasan Dusun Pringgondani – Maelang, Desa Bajulmati Kecamatan Wongsorejo, berselimutkan kain handuk, Senin (16/7) Pukul 06.00 WIB.

Bayi yang baru dilahirkan berjenis kelamin perempuan itu, kemudian dibawa Mbah Saminem ke Kepala Dusun Pringgondani. Melihat temuan warganya, Sugiyanto kepala dusun (kadus) tersebut langsung melaporkan ke Mapolsek Wongsorejo.

Polisi yang datang di lokasi langsung mengevakuasi bayi itu bersama petugas medis Puskesmas Bajulmati, kemudian dirujuk ke puskesmas setempat.

“Kondisi bayi sehat. Kami masih berkordinasi dengan Satuan Reskrim Polres Banyuwangi untuk mengungkap siapa pelaku pembuang bayi tersebut,” jelas Iptu Kusmin Kapolsek Wongsorejo.

Iptu Kusmin juga menghimbau bagi siapa saja yang mengetahui seseorang yang dicurigai, untuk segera melapor ke Mapolsek Wongosorejo Banyuwangi. (Red/Seagate)

Leave A Reply

Your email address will not be published.