Lanal Batuporon Laksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018

0

BANGKALAN – LM. COM. Palaksa Pangkalan TNI Angkatan Laut Batuporon, Lantamal V, Mayor Laut (E) Kangiadi memimpin Upacara Bendera Peringatan Hari Ibu di lapangan apel Mako Lanal Batuporon Jl. Mawar no 3 kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, Sabtu (22/12)

Pada Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90 tahun 2018 Palaksa Pangkalan TNI AL Batuporon, Mayor Laut (E) Kangiadi selaku inspektur upacara pada upacara bendera memperingati hari ibu tersebut membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang mengatakan bahwa, peringatan hari ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam kongres perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Peristiwa ini sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri. Komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 316 tahun 1959, yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari ibu sekaligus hari nasional bukan hari libur.

Peringatan hari ibu juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan.

Momentum hari ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan. Perjalanan panjang selama 89 tahun, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia.

Perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama, sebagai sumber daya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan, Atas dasar inilah, PHI ke-90 tahun 2018 mengangkat tema “Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan Bangsa”, dengan harapan melalui peringatan hari ibu ke-90 tahun 2018 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan.

Upacara diikuti oleh Seluruh Prajurit dan PNS Lanal Batuporon inspektur Upacara selesai melaksanakan Upacara memberikan ucapan selamat kepada para Ibu-Ibu PNS Lanal Batuporon yang di ikuti seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Batuporon.(Dispen Lantamal V)

Leave A Reply

Your email address will not be published.