Mahasiwa UMM Ajarkan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih kepada Anak-anak dengan Ceria

LINTASMATRA.COM – BANGKALAN.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM sebagai bentuk Dharma Pengabdian kepada Masyarakat. Pada masa saat ini (masa pandemi) perilaku hidup sehat dan bersih merupakan suatu kebutuhan dan kewajiban setiap individu guna memutus penyebaran dan membentengi diri dari virus Covid-19. Oleh sebab itu, mahasiswa UMM yang tergabung dalam PMM UMM kelompok 01 gelombang 6 yaitu Syifaul Ulum, Nilam Puji Lestari, Qutsiyatul Kamiliyah, Siti Aisyah Widya Rizka Ulul Fadilah mengajarkan perilaku hidup sehat dan bersih kepada anak-anak, mulai dari usia TK hingga SD/MI.

Materi yang disampaikan oleh mahasiwa ialah kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi jajanan sehat di sekolah, serta membuang sampah pada tempatnya. Untuk lebih memudahkan anak-anak memahami, mahasiswa memiliki cara unik dan kreatif untuk mengajar yaitu dengan memberikan praktik langsung bagaimana cara mencuci tangan dengan media lagu ceria. Selain itu juga mahasiswa memberikan kuis interaktif dengan hadiah kepada para siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran tersebut. Diakhir pengajaran mahasiswa juga memberikan vitamin C bagi para siswa dan siswi untuk menjaga imunitas tubuh. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 19 dan 21 Agustus 2020 di Desa Pacangan, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan.

Kegiatan tersebut disambut sangat antusias oleh para siswa dan siswi TK maupun MI dengan banyaknya siswa yang mempratikkan 6 langkah cuci tangan sesuai yang disampaikan oleh mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga disambut baik oleh para guru yang ada karena telah memberikan pengetahuan baru dan bermanfaat bagi para siswa dengan cara yang ceria dan fun sehingga para siswa dapat lebih mudah memahami dan langsung mempratikkannya.

Mahasiswa berharap dengan mengajarkan perilaku hidup sehat dan bersih kepada anak-anak dapat memberikan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan diri dengan mandiri sejak dini, sehingga perilaku hidup sehat dan bersih bisa diterapkan terus menerus hingga mereka dewasa kelak. Dari kebiasaan tersebut diharapkan juga dapat melindungi anak-anak dari serangan bakteri, kuman maupun penularan virus Covid-19.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.